Zat Pemercepat Produksi Oksigen dari Air di Mars Telah Ditemukan

Kompas.com - 15/11/2023, 15:34 WIB
Sarah Adhira Rahmah,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Sampai saat ini, di planet Mars belum ditemukan adanya kehidupan.

Salah satu penyebabnya adalah atmosfer planet Mars lebih tipis daripada di Bumi, sementara manusia membutuhkan oksigen dan komposisi udara seperti di Bumi.

Baca juga: Mengapa Mars Disebut Planet Mati?

Namun, para ilmuwan menduga planet Mars berpotensi untuk mendukung kehidupan karena adanya kandungan air lapisan bebatuan, seperti yang disebutkan NASA dalam laman resminya, Rabu (4/1/2023).

Di sisi lain, kecanggihan teknologi masa kini semakin mendukung kemungkinan manusia untuk hidup di Mars. Salah satunya adalah penemuan zat yang bisa mempercepat produksi oksigen dari air di Mars.

Oksigen dari pemecahan air

Belum lama ini, sebuah robot berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) di Cina membuat zat yang bisa mempercepat pembuatan oksigen dari air di Mars secara optimal.

Dilansir dari Nature, Senin (13/11/2023), para ilmuwan bereksperimen dengan robot kimiawan berbasis AI untuk memproduksi zat yang bisa mempercepat pembentukan oksigen dari air. Molekul air yang dipecah bisa menghasilkan gas oksigen dan hidrogen.

“Kami mengembangkan sistem robotik berbasis AI yang punya otak kimia,” tutur Jun Jiang, co-senior author riset tersebut.

5 material berbeda dari meteorit Martian

Selain itu, Space.com, Selasa (14/11/2023) menyebutkan bahwa dalam riset tersebut, ada 5 material berbeda dari meteorit Martian, meteorit yang berasal dari Mars ataupun dari Bumi namun berkarakteristik serupa dengan permukaan Mars.