Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/10/2023, 19:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Protein adalah nutrisi penting yang berfungsi sebagai bahan pembangun banyak jaringan di seluruh tubuh, termasuk kulit, rambut, tulang, dan otot.

Allegra Picano, RDN, ahli gizi di Henry Ford Health, mengatakan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya protein penting untuk kesehatan otot.

Ia menambahkan, semakin banyak massa otot yang kita bangun, semakin cepat metabolisme tubuh dan semakin mudah untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan ideal.

Mengapa sarapan harus tinggi protein?

Mengganti beberapa karbohidrat olahan dengan protein sehat saat sarapan akan membantu mengontrol gula darah dengan lebih baik.

Picano menjelaskan, setelah sarapan tinggi protein, gula darah bisa tetap rendah hingga empat jam.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Sarapan?

Sebaliknya, memulai hari dengan karbohidrat olahan membuat gula darah melonja, tetapi juga cepat turun sehingga membuat kita merasa lelah dan lapar.

Protein juga membuat tubuh merasa kenyang dan kenyang setelah makan pagi. Dengan demikian, menurut Picano, mencukupi kebutuhan protein saat sarapan dapat membantu kita makan lebih sehat sepanjang hari.

Makanan yang mengandung protein tinggi

Selain saat sarapan, kita juga bisa mengonsumsi makanan tinggi protein sebagai pilihan camilan yang menyehatkan.

Berikut adalah beberapa makanan tinggi protein:

1. Telur rebus

Telur adalah makanan yang sangat sehat, yang mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain bergizi, telur juga serbaguna sehingga bisa dijadikan camilan sehat yang praktis.

Baca juga: Haruskah Sarapan Sebelum Olahraga Pagi?

Satu telur rebus menyediakan 6 gram protein, yang akan membuat kita kenyang hingga waktu makan berikutnya. Khasiat telur yang meningkatkan rasa kenyang juga dapat mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi.

2. Sepotong keju cheddar

Selain menjadi camilan yang praktis, keju sangat sehat dan mengenyangkan. Keju adalah sumber kalsium, fosfor, dan selenium yang sangat baik, serta mengandung sejumlah kecil nutrisi lainnya.

Selain itu, keju juga kaya akan protein. Satu potong keju cheddar menyediakan 7 gram protein, yang dapat membantu mengurangi rasa lapar.

3. Kacang almond

Mengonsumsi segenggam kacang almond atau kacang jenis lain sebagai camilan adalah cara sederhana untuk menambah asupan protein.

Satu ons almond menyediakan 6 gram protein, bersama dengan vitamin E, riboflavin, mineral, dan lemak sehat dalam jumlah yang cukup.

Baca juga: Peneliti Ungkap Manfaat Sarapan Setiap Hari untuk Kesehatan Jantung

4. Apel dengan selai kacang

Apel dan selai kacang adalah camilan lezat dan padat nutrisi sehingga mampu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Serat dan antioksidan dalam apel dapat meningkatkan kesehatan usus dan mengurangi risiko penyakit jantung, sedangkan selai kacang telah terbukti dapat meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi kolesterol jahat serta trigliserida.

5. Edamame

Kacang edamame adalah kedelai yang belum matang, yang masih berada di dalam polong. Kacang ini tinggi protein, vitamin, dan mineral sehingga bisa menjadi camilan yang sehat dan praktis.

Satu cangkir edamame menyediakan hampir semua nutrisi yang kita butuhkan, termasuk 18 gram protein, vitamin K, dan folat dalam jumlah besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com