Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/06/2023, 06:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Terkadang, kita ingin menu sarapan yang praktis dan mengenyangkan untuk menghemat waktu. Telur adalah salah satu makanan yang baik untuk sarapan sekaligus mudah diolah. 

Mengingat telur juga mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, sarapan dengan telur pun tentu memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Manfaat sarapan dengan telur

Dilansir dari Keck Medicine of University of Southern California (USC), berikut adalah beberapa manfaat makan telur saat sarapan.

1. Meningkatkan kolesterol baik

Makan telur menyebabkan peningkatan kadar high-density lipoprotein (HDL), yang dikenal sebagai kolesterol baik. 

Baca juga: Benarkah Konsumsi Telur Bisa Menurunkan Risiko Stunting?

Orang yang memiliki kadar kolesterol baik lebih tinggi memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya. 

Menurut sebuah penelitian, makan dua butir telur sehari selama enam minggu meningkatkan kadar kolesterol baik sebesar 10%.

2. Membantu menjaga kesehatan mata 

Kuning telur mengandung banyak lutein dan zeaxanthin, yakni antioksidan yang bermanfaat untuk membantu mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula di mata. Tak hanya itu, telur juga mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata. 

3. Mendapatkan protein dan asam amino yang cukup

Mendapatkan cukup protein dalam makanan adalah cara penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Setiap butir telur, umumnya, mengandung sekitar 6 gr protein dan asam amino yang bermanfaat.

Baca juga: Mengapa Putih Telur Lebih Sehat Dikonsumsi?

Mendapatkan asupan protein yang cukup dapat membantu mengatur berat badan, meningkatkan massa otot, menurunkan tekanan darah, dan juga menjaga kesehatan tulang.

4. Baik untuk jantung

Tidak ada hubungan langsung antara konsumsi telur dan penyakit jantung atau stroke. Beberapa penelitian menunjukkan, orang yang mengadopsi diet rendah karbohidrat dan makan telur memiliki risiko lebih rendah untuk terkena penyakit jantung.

5. Mengenyangkan lebih lama

Telur dapat membuat perasaan kenyang lebih lama karena disebabkan oleh kandungan protein yang tinggi dalam telur. Dengan demikian, kita bisa mencegah konsumsi camilan tidak sehat setelah waktu makan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com