Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/06/2023, 21:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa dari kita sangat senang menikmati momen saat hujan. Aroma dan suara hujan yang menenangkan seolah membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks.

Perasaan demikian tidak selalu membuat kita ingin keluar saat hujan, tetapi kita bisa menikmati hujan dengan banyak cara, seperti membaca buku di dekat jendela, meditasi, menonton serial kesukaan, dan sebagainya. 

Kenapa suara hujan menenangkan?

Dilansir dari Healthline, Emily Mendez, MS, EdS, penulis kesehatan mental dan ahli kesehatan, mengatakan bahwa suara hujan memiliki pola yang teratur dan dapat diprediksi. 

Baca juga: Apa Itu Fenomena Hujan Es yang Sering Terjadi Saat Cuaca Ekstrem?

Mendez menjelaskan, otak manusia memprosesnya sebagai suara yang menenangkan dan tidak mengancam. Inilah sebabnya ada banyak video relaksasi dan meditasi yang menampilkan suara hujan.

Hipotesis lain yang mencoba menjelaskan mengapa hujan memunculkan emosi positif yang begitu kuat pada beberapa orang berkaitan dengan cara indra penciuman manusia berinteraksi dengan ingatan.

Berdasarkan studi tahun 2016, ingatan yang ditimbulkan oleh aroma lebih emosional dan menggugah daripada ingatan yang dipicu oleh indra yang lain.

Baca juga: Ke Mana Burung Pergi saat Hujan?

Dr. Bryan Bruno, MD, direktur medis di MidCity TMS, menjelaskan bahwa bau pertama kali diproses oleh olfactory bulb, yang memiliki koneksi langsung ke dua area otak yang paling kuat terhubung dengan emosi dan pembentukan memori, yaknu amigdala dan hippocampus.

Orang yang menyukai hujan mungkin mengaitkannya dengan perasaan positif dari masa lalu. Aroma hujan yang memenuhi udara sebelum dan sesudah hujan dapat membawa kita kembali ke masa-masa yang hangat dan aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com