Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/07/2023, 06:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa orang terbiasa sarapan sebelum olahraga pagi. Kebiasaan ini diyakini dapat memberikan energi tambahan sehingga tubuh tidak lemas selama olahraga.

Namun, ada juga yang memilih "puasa" dan hanya mengonsumsi air putih sebelum olahraga pagi. Cara ini dipercaya dapat mempercepat hasil olahraga.

Lantas, mana yang lebih tepat? Apakah kita harus sarapan sebelum olahraga atau lebih baik menunda makan?

Sarapan sebelum olahraga pagi

Melansir Healthline, sarapan atau tidak sebelum olahraga pagi bergantung pada tujuan, jenis olahraga, durasi, serta kondisi kesehatan pribadi.

Baca juga: Peneliti Ungkap Manfaat Sarapan Setiap Hari untuk Kesehatan Jantung

Setelah tidur malam yang panjang, kadar gula darah lebih rendah dibandingkan setelah makan. Hal ini mungkin membuat tubuh lesu dan lelah selama berolahraga.

Oleh sebab itu, camilan kecil sebelum olahraga pagi dapat membantu meningkatkan kadar gula darah dan memberi energi untuk melakukan olahraga dengan maksimal.

Bagi banyak orang, langsung berolahraga setelah makan dapat menyebabkan sakit perut karena makanan belum sempat dicerna.

Namun, meskipun mungkin berolahraga dalam kondisi "puasa" memberikan manfaat tertentu, tanpa sarapan atau camilan setelah bangun tidur, performa kita dalam beberapa jenis olahraga bisa terhambat.

Baca juga: 5 Menu Sarapan Terbaik untuk Diabetes

Ada yang berpendapat bahwa kebanyakan orang dapat berolahraga dengan aman tanpa makan terlebih dahulu kecuali mereka berolahraga dengan intensitas tinggi selama 60 menit atau lebih.

Orang yang memiliki tujuan kinerja atau kondisi medis tertentu mungkin perlu makan sebelum berolahraga. Misalnya, orang-orang dengan masalah gula darah seperti diabetes harus memastikan mereka mendapat asupan yang benar terlebih dahulu.

Bagi yang memiliki masalah medis, pertimbangkan untuk konsultasi dengan profesional untuk menemukan metode olahraga yang terbaik.

Secara keseluruhan, nutrisi pra-latihan sangat individual. Ini paling efektif jika kita menyesuaikannya dengan gaya hidup, tujuan, dan tubuh kita.

Baca juga: Gosok Gigi Sebelum atau Sesudah Sarapan, Mana yang Lebih Baik?

Perlu diingat bahwa apa yang berhasil untuk orang lain belum tentu berhasil untuk kita. Jadi, penting untuk bereksperimen hingga mengetahui apa yang terbaik untuk kita.

Manfaat olahraga pagi

Terlepas dari apakah harus sarapan atau tidak sebelum olahraga, berikut adalah beberapa manfaat olahraga di pagi hari.

1. Meningkatkan kewaspadaan

Olahraga pagi mungkin lebih cocok untuk fluktuasi hormon tubuh, salah satunya adalah kortisol, hormon yang membuat kita tetap terjaga dan waspada.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com