Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peneliti Ungkap Manfaat Sarapan Setiap Hari untuk Kesehatan Jantung

Kompas.com - 07/07/2023, 06:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Sains telah membuktikan bahwa sarapan memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk kesehatan jantung.

Sebuah studi dari University of Iowa melaporkan, kebiasaan melewatkan sarapan dapat berdampak negatif bagi kesehatan jantung. Selengkapnya, berikut adalah penjelasan tentang manfaat sarapan untuk kesehatan jantung.

Sarapan dan kesehatan jantung

Melansir Healthline, studi yang dipublikasikan dalam Journal of American College of Cardiology menyebutkan bahwa orang yang tidak pernah sarapan memiliki risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular hingga 87 persen lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang sarapan setiap hari.

Wei Bao, peneliti dan asisten profesor epidemiologi di University of Iowa College of Public Health, mengatakan bahwa penelitian sebelumnya lebih fokus pada kandungan makanan yang dikonsumsi. 

Baca juga: 5 Menu Sarapan Terbaik untuk Diabetes

Oleh sebab itu, ini adalah studi pertama yang mengaitkan hubungan antara sarapan dengan risiko penyakit kardiovaskular.

Para peneliti fokus pada 6.550 orang di Amerika Serikat (AS), yang berusia 40 hingga 75 tahun dalam rentang waktu tahun 1988 hingga 1994.

Mereka yang disurvei ditanya seberapa sering mereka sarapan. Sekitar 5 persen mengatakan bahwa mereka tidak pernah sarapan, 11 persen mengatakan mereka jarang sarapan, 25 persen melaporkan makan sarapan beberapa hari, dan 59 persen melaporkan makan sarapan setiap hari.

Para peneliti kemudian mengevaluasi kembali catatan kesehatan peserta penelitian pada tahun 2011.

Setelah memperhitungkan faktor demografi, pola makan, sosial ekonomi, dan gaya hidup serta indeks massa tubuh (BMI) dan faktor risiko kardiovaskular, para peneliti menyimpulkan bahwa peserta survei yang tidak pernah sarapan memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung 87 persen lebih besar.

Baca juga: 5 Manfaat Makan Telur Saat Sarapan

Namun, para peneliti juga melaporkan bahwa mereka tidak tahu apa yang dimakan peserta untuk sarapan atau apakah mereka menyesuaikan kebiasaan makan mereka selama penelitian.

Makanan paling sehat untuk sarapan

Agar sarapan menjadi bagian dari pola makan yang bergizi seimbang, berikut adalah beberapa makanan paling sehat untuk sarapan.

1. Telur

Telur adalah sumber protein yang sangat baik dan dapat dijadikan menu sarapan sederhana yang bergizi.

Telur mengandung protein yang membutuhkan waktu untuk dicerna sehingga membantu merasa kenyang lebih lama.

Peserta penelitian juga menunjukkan bahwa asupan protein mereka lebih besar, yakni 25 gram.

Baca juga: Gosok Gigi Sebelum atau Sesudah Sarapan, Mana yang Lebih Baik?

Selain itu, kuning telur mengandung lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang membantu mencegah gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com