Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mungkinkah Kura-kura Dapat Bertahan Hidup Tanpa Cangkang?

Kompas.com - 06/10/2023, 08:00 WIB
Usi Sulastri,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Kura-kura adalah makhluk yang telah mendiami planet ini selama jutaan tahun, dan proses evolusi telah membentuk mereka menjadi hewan yang sangat menarik.

Saat berbicara tentang kura-kura, salah satu fitur yang paling ikonik dan dikenal luas adalah cangkang mereka.

Baca juga: Ada Apa di Dalam Tempurung Kura-kura?

Cangkang ini berfungsi sebagai perlindungan yang kuat, melindungi organ-organ vital mereka dari berbagai bahaya fisik dan predator yang mengintai di lingkungan mereka.

Namun, apakah cangkang ini benar-benar diperlukan untuk kelangsungan hidup mereka?

Tidak bisa hidup tanpa cangkang

Dilansir dari Science ABC, Kamis (5/10/2023), cangkang kura-kura dan kura-kura adalah bagian penting dari kerangka mereka. Ini melekat erat pada tulang rusuk dan tulang belakang mereka sehingga tidak dapat dipisahkan dari tubuh mereka.

Karapas, yang merupakan lapisan luar cangkang kura-kura, memiliki ujung saraf dan mirip dengan kulit kura-kura.

Berbeda dari reptil lain seperti ular, katak, dan lobster, kura-kura tidak mengganti kulitnya atau menumbuhkan lapisan luar yang baru. Sisik mereka tumbuh bersamaan dengan kerangka mereka, meskipun kura-kura dapat mengganti sisik mereka sesekali.

Kura-kura akan merasakan rasa sakit yang luar biasa jika cangkang mereka pecah, serupa dengan rasa sakit yang dirasakan jika lutut manusia rusak.

Lubang-lubang dalam cangkang, yang disebabkan oleh kurangnya kalsium dari sinar matahari, dapat menghambat pertumbuhan normal kura-kura dan membuatnya rentan terhadap berbagai penyakit.

Karena tulang adalah jaringan yang hidup, setiap kerusakan pada struktur tulang dapat membuka pintu bagi infeksi bakteri, jamur, atau virus. Ini bisa berpotensi membahayakan sistem kehidupan hewan lainnya.

Baca juga: Bagaimana Cara Tempurung Kura-kura Bisa Tumbuh?

Fungsi cangkang kura-kura

Dilansir dari American Tarantula & Animals, Kamis (5/10/2023), cangkang memberikan banyak manfaat bagi kura-kura, di antaranya:

1. Perlindungan

Cangkang kura-kura adalah salah satu fitur paling ikonik dari hewan ini, dan perlindungan adalah alasan utama mengapa mereka mengembangkan cangkang keras.

Nenek moyang kura-kura awalnya adalah penggali ulung. Untuk menggali tanah keras, tulang rusuk mereka mengalami perubahan dan membesar, memberi mereka lengan bawah yang kuat.

Namun, ini juga berarti mereka harus tinggal di bawah tanah, di mana oksigen terbatas.

Dengan tulang rusuk yang lebih lebar, mereka mengembangkan paru-paru yang lebih besar, memungkinkan bertahan lebih lama di lingkungan dengan kadar oksigen rendah.

Seiring waktu, nenek moyang kura-kura beralih ke air sebagai tempat pelarian dari pemangsa, di mana cangkang ini memberikan perlindungan yang sangat baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com