Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kura-Kura Berkembang Biak dengan Cara Ovipar, Begini Penjelasannya

Kompas.com - 05/11/2021, 14:00 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comKura-kura berkembang biak dengan cara ovipar, yaitu bertelur. Kura-kura merupakan salah satu reptil dan salah satu hewan yang hidup paling lama. Salah satu spesies kura-kura, yaitu Galapagos tortoise, bisa hidup hingga lebih dari 170 tahun.

Cara kura-kura berkembang biak

Semua spesies kura-kura berkembang biak dengan bertelur. Umumnya, kura-kura memiliki musim kawin tertentu. Puncak musim kawin kura-kura terjadi pada bulan Desember sampai Juni.

Uniknya, kura-kura betina bisa menyimpan sperma kura-kura jantan selama bertahun-tahun setelah proses kawin. Setelah itu, barulah sperma membuahi telur.

Kemudian kura-kura akan bertelur paling banyak pada bulan Mei sampai Juli. Sekali bertelur, kura-kura akan mengeluarkan 1 sampai 26 telur. Induknya tidak akan mengerami telurnya.

Untuk menjaga telurnya tetap aman dan hangat, induknya akan menggali sarang dengan kedalaman sekitar 10 sentimeter. Setelah bertelur, kura-kura akan menutupi telur-telurnya dengan campuran tanah, urine, dan feses. Campuran tersebut akan mengeras dan menjadi lapisan pelindung kura-kura.

Baca juga: Kadal Berkembang Biak dengan 4 Cara Berbeda, Ini Penjelasannya

Jenis kelamin embrio akan dipengaruhi suhu lingkungan di sekitar telur. Jika di sekitar telur suhunya lebih dari 29,5 derajat Celcius, maka embrio tersebut akan menjadi betina.

Sebaliknya, jika suhu berada di bawah 28 derajat Celcius, maka embrio tersebut akan menjadi kura-kura jantan.

Telur akan menetas setelah 90 sampai 270 hari. Setelah menetas, bayi kura-kura akan tetap berada di sarangnya untuk makan dari dalam telurnya selama sebulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com