Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Penyebab Pusing dan Pandangan Gelap Saat Berdiri Mendadak?

Kompas.com - 05/10/2023, 15:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Pernahkah Anda berdiri dari duduk, dan selama beberapa detik, pandangan Anda menjadi gelap dan sulit menjaga keseimbangan?

Reaksi ini dikenal sebagai hipotensi postural atau ortostatik. Lantas, mengapa reaksi ini terjadi? Apakah ada kaitannya dengan kondisi medis tertentu?

Penyebab pusing saat berdiri tiba-tiba

Hipotensi postural disebabkan oleh perubahan posisi tubuh yang cepat dan merupakan reaksi yang tidak perlu dikhawatirkan.

Namun, jika hal ini sering terjadi atau berlangsung lama, itu bisa menjadi tanda kondisi kesehatan kronis.

Dr. Stephen Juraschek, profesor kedokteran di Beth Israel Deaconess Medical Center di Harvard Medical School, menjelaskan bahwa perubahan penglihatan, sakit kepala ringan, dan pusing yang terjadi beberapa detik setelah berdiri terjadi karena penurunan tekanan darah yang tiba-tiba dan sementara.

Baca juga: Apa Penyebab Pusing Setelah Tidur Siang?

Pada saat hipotensi postural terjadi, otak tidak mendapat cukup darah dan oksigen. Selain itu, suplai oksigen untuk jaringan penginderaan cahaya di retina juga menurun.

Retina membutuhkan banyak oksigen agar dapat berfungsi dengan baik sehingga penurunan pasokan oksigen sekecil apa pun dapat menyebabkan masalah penglihatan.

Di samping itu, proses menjaga kestabilan tekanan darah setelah berdiri dikendalikan oleh sistem saraf otonom, yaitu seperangkat saraf yang mengatur fungsi tubuh yang tidak disadari, seperti detak jantung, pernapasan, dan pencernaan.

Juraschek mengatakan, saat kita berdiri, sekitar 300-800 cc darah tertarik ke kaki dan menyebabkan penurunan tekanan darah untuk sementara. Ini berarti sekitar 0,3 hingga 0,8 liter darah dengan tiba-tiba mengalir ke kaki.

Penurunan tekanan darah ini dideteksi oleh reseptor yang sensitif terhadap tekanan di arteri yang memasok darah ke otak dan di atrium kanan jantung, tempat darah mengalir setelah mengantarkan oksigen ke tubuh.

Baca juga: Apa Penyebab Kepala Pusing Setelah Menangis?

Reseptor yang diaktifkan ini kemudian memicu respons seluruh tubuh yang menstabilkan tekanan darah.

Hal ini biasanya tidak menimbulkan efek yang nyata. Namun, pada orang yang mengalami dehidrasi atau memiliki penyakit, penurunan tekanan darah mungkin lebih drastis dan membutuhkan waktu lebih lama untuk stabil.

Juraschek juga mengatakan, seseorang mungkin lebih rentan mengalami pusing semacam ini jika mengonsumsi obat untuk menurunkan tekanan darah.

Ada juga yang rentan terhadap reaksi tersebut ketika bangun tidur di pagi hari karena tekanan darah biasanya rendah pada waktu itu, dan juga ketika mereka minum alkohol atau banyak berkeringat.

Serangan pusing yang singkat ini berbeda dengan hipotensi ortostatik kronis, yakni ketika mengalami kehilangan penglihatan dan keseimbangan yang berlangsung lama atau sering setelah berdiri.

Baca juga: Kenapa Kepala Pusing Setelah Makan Bawang Putih?

Kondisi ini dapat mengganggu kehidupan sehari-hari dan menyebabkan terjatuh, pingsan, atau kecelakaan, serta merupakan faktor risiko masalah kardiovaskular dan penyakit ginjal.

Menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke, bergantung pada penyebab kondisinya, hipotensi ortostatik dapat bersifat primer atau sekunder. Hipotensi ortostatik primer jarang terjadi dan disebabkan oleh gangguan pada sistem saraf otonom, seperti kerusakan saraf.

Sementara itu, hipotensi postural sekunder, yang gejalanya disebabkan oleh kondisi medis lain, lebih sering terjadi. Hal ini dapat dikaitkan dengan detak jantung yang rendah (bradikardia), gula darah rendah (hipoglikemia), dan kondisi tiroid.

Penuaan juga dapat menyebabkan sensor tekanan di leher dan jantung menjadi kurang reaktif dan jantung kurang mampu menyesuaikan kecepatannya, sehingga orang yang berusia 65 tahun ke atas lebih rentan mengalami pusing semacam ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com