Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Penampakan Gurita Dumbo yang Menghuni Laut Dalam

Kompas.com - 28/09/2023, 18:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di kedalaman laut, hidup beragam mahluk dengan penampakan yang tidak biasa.

Salah satunya adalah Grimpoteuthis atau gurita Dumbo. Genus cephalopoda ini dinamai seperti karakter gajah dalam animasi Disney bernama Dumbo yang memiliki telinga lebar.

Baca juga: Bagaimana Cara Gurita Berubah Warna?

Penemuan Gurita Dumbo

Mengutip Science Alert, Rabu (27/9/2023) tim peneliti di E/V Nautilus milik Ocean Exploration Trust menemukan spesimen gurita Dumbo terombang ambing dengan tenang di depan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV).

ROV ini sebenarnya digunakan untuk menjelajahi gunung laut yang ada di 2665 meter di bawah air yang terdapat di wilayah Hawaii. Namun dalam perjalanannya malah menemukan hal yang menarik.

Gurita Dumbo sendiri bisa tumbuh dengan panjang sekitar 20 hingga 30 sentimter. Ia bergerak dengan cara meluncur anggun menggunakan sirip menonjol dari mantelnya untuk mendorong tubuhnya.

Dumbo memangsa moluska, isopoda, atau cacing. Namun makanan gurita ini terkadang cukup langka sehingga Dumbo harus menghemat energi saat berburu.

Ada hal yang menarik juga dari gurita Dumbo ini. Nenek moyang mereka telah menghilangkan banyak banyak fitur yang dimiliki oleh gurita pada umumnya untuk bertahan hidup di laut dalam yang gelap.

Misalnya saja kantung tinta yang saat ini sudah hilang. Tubuh mereka juga menjadi setengah transparan.

Kendati demikian, kehidupan di laut dalam membuat gurita Dumbo selamat dari paparan aktivitas manusia. Hanya sesekali saja mereka tertangkap jaring ikan laut dalam, tetapi selain itu jarang sekali manusia bisa menemukannya.

Baca juga: Mengenal Gurita Cincin Biru, Hewan Paling Beracun di Bumi

Fakta Gurita Dumbo

Mengutip Oceana, gurita Dumbo hidup di lautan terbuka yang dalam, hingga mencapai 4000 m dan mungkin jauh lebih dalam lagi.

Hal ini menjadikan gurita Dumbo sebagai gurita yang hidup di ekosistem paling dalam di antara semua gurita yang diketahui.

Kehidupan di kedalaman ekstrem ini memerlukan kemampuan untuk hidup di air yang sangat dingin dan tanpa sinar matahari sama sekali.

Sehingga spesies ini memiliki perilaku khusus misalnya saja untuk meningkatkan kemungkinan mereka berhasil bereproduksi kapan pun mereka menemukan pasangan.

Itu ternyata dilakukan dengan cara betina selalu membawa telur dalam berbagai tahap perkembangan dan mampu menyimpan sperma dalam jangka waktu lama setelah kawin dengan jantan.

Dengan memanfaatkan keunggulan ini, gurita Dumbo betina dapat mentransfer sperma ke sel telurnya yang paling berkembang kapan pun kondisi lingkungannya tepat untuk bereproduksi.

Meskipun mereka menghabiskan sebagian besar hidupnya melayang di atas dasar laut, gurita dumbo bertelur di dasar laut, menempel pada batu atau permukaan keras lainnya.

Baca juga: Pertama Kali, Gurita Tertangkap Kamera Saling Lempar Kerang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com