Seperti Apa Fosil Laba-laba Terbesar yang Ditemukan di Australia?

Kompas.com - 25/09/2023, 09:30 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Jutaan tahun lalu, laba-laba besar hidup di tengah belantara hutan Australia. Sebuah tim ilmuwan melaporkan telah menemukan fosil laba-laba besar.

Fosil laba-laba terbesar ini ditemukan oleh tim ilmuwan yang dipimpin oleh ahli paleontologi dari Australian Museum (AM) dan University of New South Wales (UNSW), Dr Matthew McCurry.

Dilansir dari Phys, Sabtu (23/9/2023), fosil laba-laba ini secara resmi dinamai Megamonodontium mccluskyi, yang berusia 11-16 juta tahun.

Fosil genus laba-laba baru ditemukan di sebuah situs fosil yang dikenal dengan batuan yang kaya besi yang disebut goethite, yakni di McGraths Flat, New South Wales.

Menurut peneliti, fosil laba-laba pertama yang ditemukan dan berasal dari keluarga Barychelidae. Selain itu, spesies laba-laba ini mirip dengan genus yang masih hidup, Monodontium.