Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Ilmuwan Memberi Nama Dinosaurus?

Kompas.com - 31/08/2023, 12:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Dinosaurus adalah kelompok reptilia yang sangat beragam, yang pernah hidup di planet Bumi sejak ratusan juta tahun yang lalu.

Melalui berbagai temuan fosil, kita pun dapat mengetahui dan mengimajinasikan triceratops yang perkasa, stegosaurus berekor paku, dan tentu saja, “raja” dinosaurus, Tyrannosaurus Rex.

Tapi, bagaimana semua dinosaurus tersebut mendapatkan namanya? Bagaimana cara ilmuwan menamai fosil-fosil yang baru mereka temukan?

Memberi nama spesies baru: Sains dan seni

Bagi para ilmuwan, proses menamai spesies baru berarti memadukan sains dan kreativitas. Dilansir dari ZME Science, berikut adalah langkah-langkahnya:

 Baca juga: Sempat Hidup Sezaman dengan Dinosaurus, Mengapa Burung Tidak Punah?

Langkah 1: Penemuan

Proses pemberian nama dimulai dengan penemuan, apakah itu penemuan tumbuhan yang tersembunyi di hutan atau mikroba dari kedalaman laut, atau fosil berumur jutaan tahun.

Langkah 2: Penelitian dan analisis

Setelah penemuan, dilakukan pemeriksaan mendetail, yakni para ilmuwan membandingkan organisme tersebut dengan spesies yang diketahui.

Mereka mempelajari penampilan, genetika, habitat, perilaku, dan sifat-sifat lainnya untuk mengetahui keunikan spesies baru tersebut.

Langkah 3: Aturan penamaan

Ada aturan yang harus diikuti untuk menamai spesies baru. Kode Tata Nama Internasional untuk alga, jamur, dan tumbuhan (ICN) dan Kode Internasional Tata Nama Zoologi (ICZN) mengatur konvensi penamaan.

Baca juga: Seperti Apa Dinosaurus Vegetarian yang Ditemukan di Thailand?

Aturan-aturan ini memastikan bahwa setiap nama spesies bersifat unik dan dapat diterima secara universal.

Langkah 4: Sentuhan kreatif

Pemberian nama suatu spesies juga bisa menjadi puitis. Ini mungkin mencerminkan penampilan makhluk tersebut, tempat ditemukannya, atau bahkan penghormatan kepada seseorang.

Misalnya, seekor laba-laba yang dinamai dengan nama penyanyi David Bowie, Heteropoda davidbowie, menggabungkan kategorisasi ilmiah dengan penghormatan terhadap sang penyanyi.

Memberi nama dinosaurus

Jadi, begitulah nama semua hewan, termasuk dinosaurus mendapatkan namanya.

Baca juga: Berapa Banyak Fosil Dinosaurus yang Belum Ditemukan?

Jika para ilmuwan menemukan sebuah fosil, pertama-tama mereka akan mengetahui apakah fosil itu milik makhluk yang sudah diketahui.

Kemudian, jika itu adalah fosil spesies baru, mereka memeriksanya untuk mengetahui kelompoknya.

Jika ilmuwan dapat mendeskripsikannya dan mengetahui genusnya, mereka sudah memiliki separuh namanya. Sisanya, penamaannya bisa berdasarkan beberapa fitur unik, tempat ditemukannya, atau hal lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com