Bagaimana Cara Ilmuwan Memberi Nama Dinosaurus?

Kompas.com - 31/08/2023, 12:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Dinosaurus adalah kelompok reptilia yang sangat beragam, yang pernah hidup di planet Bumi sejak ratusan juta tahun yang lalu.

Melalui berbagai temuan fosil, kita pun dapat mengetahui dan mengimajinasikan triceratops yang perkasa, stegosaurus berekor paku, dan tentu saja, “raja” dinosaurus, Tyrannosaurus Rex.

Tapi, bagaimana semua dinosaurus tersebut mendapatkan namanya? Bagaimana cara ilmuwan menamai fosil-fosil yang baru mereka temukan?

Memberi nama spesies baru: Sains dan seni

Bagi para ilmuwan, proses menamai spesies baru berarti memadukan sains dan kreativitas. Dilansir dari ZME Science, berikut adalah langkah-langkahnya:

Baca juga: Sempat Hidup Sezaman dengan Dinosaurus, Mengapa Burung Tidak Punah?

Langkah 1: Penemuan

Proses pemberian nama dimulai dengan penemuan, apakah itu penemuan tumbuhan yang tersembunyi di hutan atau mikroba dari kedalaman laut, atau fosil berumur jutaan tahun.

Langkah 2: Penelitian dan analisis

Setelah penemuan, dilakukan pemeriksaan mendetail, yakni para ilmuwan membandingkan organisme tersebut dengan spesies yang diketahui.

Mereka mempelajari penampilan, genetika, habitat, perilaku, dan sifat-sifat lainnya untuk mengetahui keunikan spesies baru tersebut.

Langkah 3: Aturan penamaan

Ada aturan yang harus diikuti untuk menamai spesies baru. Kode Tata Nama Internasional untuk alga, jamur, dan tumbuhan (ICN) dan Kode Internasional Tata Nama Zoologi (ICZN) mengatur konvensi penamaan.