Kompas.com - 13/05/2023, 18:15 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Dinosaurus memang sudah punah jutaan tahun yang lalu, tetapi para ilmuwan hingga kini masih terus berusaha memahami bagaimana kehidupan hewan-hewan purba itu di masa lalu.

Salah satu yang menjadi misteri adalah bagaimana cara dinosaurus berkomunikasi.

Berdasarkan dari catatan fosil dan hewan modern yang terkait dengan dinosaurus, para ahli menemukan ada beberapa cara yang bisa dilakukan dinosaurus untuk berkomunikasi.

"Kami sangat tergantung pada hewan modern untuk membuat kesimpulan tentang hewan yang telah punah," kata Thomas Williamson, kurator paleontologi dari Museum Sejarah Alam dan Sains New Mexico.

Cara dinosaurus berkomunikasi

Lalu apa saja, berikut beberapa di antaranya seperti dikutip dari Live Science, Jumat (12/5/2023).

• Suara mulut tertutup

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Evolution di tahun 2016, dinosaurus mungkin membuat suara mulut tertutup seperti teriakan yang dilakukan beberapa burung saat ini.