Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Mengetahui Seseorang Sedang Berbohong?

Kompas.com - 04/04/2023, 17:07 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Seringkali sulit untuk membedakan apakah seseorang sedang berkata jujur atauu berbohong. Namun, bagaimana cara mengetahui orang sedang berbohong?

Dilansir dari Science Alert, Selasa (4/4/2023), sekelompok peneliti dari University of Amsterdam telah menemukan strategi yang diklaim dapat menunjukkan apakah seseorang sedang berbohong atau tidak.

Cara umum yang biasa dilakukan untuk mengetahui seseorang berbohong adalah dengan menggunakan tanda-tanda fisik. Misalnya apakah mereka gelisah, cemas atau menunjukkan gerakan yang tidak biasa.

Untuk mengungkapkan suatu kebohongan atau penipuan, polisi biasanya menggunakan poligraf atau alat pendeteksi kebohongan.

Alat ini menggabungkan input fisiologis yang berbeda seperti tekanan darah, detak jantung dan laju pernapasan untuk mendeteksi kemungkinan seseorang sedang berbohong.

Baca juga: Bagaimana Cara Menentukan Awal Ramadan dan Idul Fitri?

Namun, para peneliti telah menemukan cara mendeteksi kebohongan dengan sebuah "alternatif radikal".

Dalam studinya, mereka coba menginstruksikan peserta untuk fokus hanya pada satu petunjuk, yakni tingkat detail dalam cerita seseorang, dan mengabaikan yang lainnya.

"Kami beralasan bahwa kebenaran dapat ditemukan dalam kesederhanaan dan kami mengusulkan untuk menghilangkan daripada menambahkan isyarat saat mencoba mendeteksi penipuan," kata peneliti.

Dalam sembilang studi, sebanyak 1.445 orang diminat untuk menebak apakah pernyataan tulisan tangan, transkrip video, wawancara video, atau wawancara langsung tentang aktivitas mahasiswa di kampus itu benar atau salah.

Akun-akun yang diamati ini berasal dari siswa yang telah berpura-pura mencuri ujian yang terkunci dan berbohong tentangnya, dan berbagai aktivitas yang mereka lakukan.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengingat Mimpi?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com