Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/05/2023, 20:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Space

KOMPAS.com - Ilmuwan telah menemukan lebih dari 4.000 exoplanet hingga saat ini. Namun, planet-planet mana saja yang mirip dengan Bumi?

Lebih dari separuh penemuan exoplanet tersebut diperoleh melalui pengamatan dari teleskop antariksa Kepler NASA yang diluncurkan pada 2009.

Exoplanet atau planet ekstrasurya sendiri merupakan planet yang ada di luar Tata Surya. Temuan exoplanet itu menjadi hal penting karena ilmuwan bisa memperoleh informasi apakah di luar Tata Surya kita terdapat planet yang mirip Bumi atau tidak.

Rupanya, beberapa temuan menunjukkan ada exoplanet yang mirip dengan Bumi.

Syarat disebut planet

Seperti dikutip dari Space, Kamis (11/5/2023) untuk memenuhi syarat sebagai planet yang ramah kehidupan, sebuah planet harus relatif kecil dan karena itu berbatu.

Tak hanya itu, benda langit ini juga mengorbit di zona layak huni atau zona 'Goldilocks' dari bintangnya, yang didefinisikan sebagai lokasi di mana air dapat eksis dalam bentuk cair di permukaan planet.

Ketika teknologi teleskop meningkat, faktor lain juga akan dipertimbangkan, seperti komposisi atmosfer planet atau exoplanet dan seberapa aktif bintang induknya.

Baca juga: Exoplanet Raksasa Baru Terdeteksi Satelit NASA, Seperti Apa?

Jadi exoplanet mana saja yang bisa dibilang mirip dengan Bumi, berikut beberapa di antaranya.

  • Gliese 667Cc

Menurut Jet Propulsion Laboratory NASA, Gliese 667Cc letaknya hanya 22 tahun cahaya dari Bumi dan ukurannya setidaknya 4,5 lebih besar dari Bumi.

Gliese 667Cc menyelesaikan satu orbit di sekitar bintang induknya hanya dalam 28 hari.

Bintang itu adalah katai merah yang jauh lebih dingin daripada matahari, sehingga planet ekstrasurya tersebut diperkirakan berada di zona layak huni.

Sayangnya, Gliese 667Cc yang ditemukan dengan teleskop 3,6 meter European Southern Observatory di Chili ini mungkin mengorbit cukup dekat yang dapat terbakar oleh suar dari bintangnya sendiri.

  • Kepler-452b

Planet yang penemuannya diumumkan pada tahun 2015 merupakan planet seukuran Bumi pertama yang diketahui mengorbit bintang seperti matahari.

Exoplanet Kepler-452b berukuran 60 persen lebih besar dari Bumi dan bintang induknya (bernama Kepler-452) berukuran 10 persen lebih besar dari matahari.

Baca juga: Exoplanet di Galaksi Bima Sakti Ini Tumbuhkan Lagi Atmosfernya yang Hilang, Kok Bisa?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com