Kompas.com - 12/05/2023, 20:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Sumber Space

KOMPAS.com - Ilmuwan telah menemukan lebih dari 4.000 exoplanet hingga saat ini. Namun, planet-planet mana saja yang mirip dengan Bumi?

Lebih dari separuh penemuan exoplanet tersebut diperoleh melalui pengamatan dari teleskop antariksa Kepler NASA yang diluncurkan pada 2009.

Exoplanet atau planet ekstrasurya sendiri merupakan planet yang ada di luar Tata Surya. Temuan exoplanet itu menjadi hal penting karena ilmuwan bisa memperoleh informasi apakah di luar Tata Surya kita terdapat planet yang mirip Bumi atau tidak.

Rupanya, beberapa temuan menunjukkan ada exoplanet yang mirip dengan Bumi.

Syarat disebut planet

Seperti dikutip dari Space, Kamis (11/5/2023) untuk memenuhi syarat sebagai planet yang ramah kehidupan, sebuah planet harus relatif kecil dan karena itu berbatu.

Tak hanya itu, benda langit ini juga mengorbit di zona layak huni atau zona 'Goldilocks' dari bintangnya, yang didefinisikan sebagai lokasi di mana air dapat eksis dalam bentuk cair di permukaan planet.

Ketika teknologi teleskop meningkat, faktor lain juga akan dipertimbangkan, seperti komposisi atmosfer planet atau exoplanet dan seberapa aktif bintang induknya.