Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/03/2023, 10:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Paus ternyata memiliki cara tidur yang unik, yang mungkin tidak banyak diketahui selama ini.

Sebagai mamalia laut terbesar, paus telah lama menjadi subjek studi bagi para peneliti. Mamalia laut ini masih memiliki beragam misteri yang menarik rasa penasaran para ahli.

Termasuk bagaimana cara hewan laut terbesar di lautan Bumi ini tidur, dan kapankah mereka beristirahat.

Cara paus tidur

Paus termasuk dalam keluarga cetacea, dan mereka merupakan mamalia yang menghirup oksigen melalui lubang sembur di bagian atas kepalanya.

Semua cetacea tidur, tetapi jumlah tidur yang dibutuhkan dan perilaku tidur hewan laut ini bervariasi dari satu spesies ke spesies lainnya.

Baca juga: Bagaimana Cara Membersihkan Sampah Luar Angkasa?

Dilansir dari IFL Science, Selasa (1/3/2023), tidak seperti manusia yang bernapas secara alami, paus melakukannya dengan sengaja, sehingga mereka harus secara sadar, memikirkan setiap napas yang mereka ambil, bahkan saat tidur.

Kendati demikian, mereka telah memecahkan masalah tersebut. Peneliti menemukan cara tidur paus secara bersamaan tetap terjaga adalah sesuatu yang disebut dengan tidur gelombang lambat unihemispheric.

Artinya, paus tidur dengan separuh otak tetap aktif, saat separuh lainnya beristirahat. Paus bahkan menutup satu mata sementara yang lain tetap waspada.

Cara tidur paus ini dianggap memungkinkan mereka bernapas, menghindari predator, berenang, dan perilaku sosial saat separuh otak sedang beristirahat.

Baca juga: Bagaimana Cara Astronot Bisa Tidur di Luar Angkasa?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com