Bukti Mamalia Juga Memburu Dinosaurus Jutaan Tahun Lalu

Kompas.com - 21/07/2023, 19:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Meski dinosaurus sering digambarkan sebagai predator yang mengejar segala sesuatu untuk dimangsa, ternyata bukti fosil juga menunjukkan bahwa mamalia juga memburu dinosaurus.

Bukti dari fosil yang belum lama ini selesai dianalisis menunjukkan, beberapa dinosaurus ternyata merupakan menu makan siang para mamalia awal.

Fosil yang tidak biasa dan langka berusia 125 tahun, menunjukkan dua hewan yaitu mamalia karnivora dan dinosaurus pemakanan tumbuhan berukuran lebih besar, berada dalam sebuah situasi perkelahian mematikan.

Menurut salah satu penulis studi, Jordan Mallon yang merupakan ahli paleobiolgi di Museum Alam Kanada, itu merupakan salah satu bukti pertama yang menunjukkan mamalia memangsa dinosaurus, bukan sebaliknya.

Baca juga: Bukti Pertama Dinosaurus Memakan Mamalia, Studi Jelaskan

“Menurut saya yang paling menarik adalah fakta bahwa fosil baru ini menunjukkan (bukti) interaksi ekologis antara dinosaurus dan mamalia berjalan dua arah. Bukan hanya dinosaurus lebih besar yang memakan mamalia lebih kecil, ” katanya.

"Terkadang, mamalia juga mampu memakan dinosaurus," tambah Mallon.

Mamalia memburu dan memangsa dinosaurus

Dikutip dari IFL Science, Kamis (20/7/2023) dinosaurus yang dimangsa adalah spesies Psittacosaurus, sekelompok dinosaurus pemakan tumbuhan.

Semasa hidup, dinosaurus tersebut seukuran anjing besar. Sedangkan mamalia yang memangsanya adalah Repenomamus robustus yang hanya seukuran musang, cukup mini dibandingkan dengan mamalia terbesar yang hidup saat ini.

Akan tetapi, Repenomamus robustus merupakan salah satu mamalia pemangsa dinosauruss yang terbesar yang hidup selama periode Cretaceous, ketika mamalia belum mendominasi lanskap Bumi.