Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/08/2023, 08:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Jika planet terbesar di Tata Surya adalah Jupiter, tetapi di alam semesta ternyata ada planet yang lebih besar dari planet tersebut.

Planet terbesar di alam semesta tersebut berukuran dua kali lebih besar dari Jupiter dan 10 kali lebih berat, dikutip dari Live Science, Jumat (18/8/2023).

Sejak tiga dekade lalu, para astronom telah mulai melakukan eksplorasi jauh ke luar Tata Surya. Eksplorasi ini dilakukan untuk menemukan planet-planet ekstrasurya atau exoplanet.

Di Galaksi Bima Sakti, kita telah mengetahui planet-planet di dalamnya memiliki ukuran dan massa yang sangat beragam. 

Jupiter menyandang gelar planet terbesar di Tata Surya, memiliki ukuran 11 kali Bumi.

Namun, ternyata setelah eksplorasi exoplanet dimulai sebelum tahun 1992, Jupiter masih kalah besar jika dibandingkan planet-planet raksasa yang ditemukan sejak saat itu.

Menentukan ukuran planet terbesar

Dalam menentukan ukuran sebuah planet, ada dua ukuran yang dipertimbangkan, yakni lebar (dua kali jari-jari) dan massanya.

Baca juga: Apakah Kehidupan di Planet Mars Benar-benar Ada?

Berdasarkan ukuran lebar planet, Solène Ulmer-Moll, peneliti exoplanet postdoctoral di University of Geneva mengatakan bahwa planet ekstrasurya terbesar memiliki radius planet sekitar dua kali radius Jupiter.

Planet terbesar lainnya di alam semesta yang pernah diketahui adalah HAT-P-67b. Salah satu planet gas raksasa yang memiliki radius atau lebar dua kali lipat Jupiter.

Kendati demikian, Ulmer-Moll menjelaskan exoplanet yang berjarak 1.200 tahun cahaya dari Bumi itu memiliki kerapatan yang sangat rendah sehingga hanya punya sekitar sepertiga massa Jupiter.

Ulmer-Moll menerangkan bahwa lebar planet dan massanya memang saling berkaitan. Akan tetapi, tidak selalu ada hubungan langsung di antara keduanya.

Penyebabnya adalah kerapatan setiap planet berbeda-beda. Artinya, beberapa planet gas raksasa yang bermassa rendah bisa 'mengembang' sehingga ukurannya bisa lebih besar dari exoplanet lain yang lebih berat.

Exoplanet lain yang masuk dalam kelompok planet terbesar di alam semesta adalah WASP-17b. Kira-kira ukuran lebar planet tersebut yakni dua kali lebar planet Jupiter. Peringkat kedua planet terbesar yakni KELT-9b, kata Ulmer-Moll lebarnya 1,84 kali Jupiter.

Baca juga: Apakah Ada Bintang Gelap di Alam Semesta?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com