Kompas.com - 18/08/2023, 08:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Jika planet terbesar di Tata Surya adalah Jupiter, tetapi di alam semesta ternyata ada planet yang lebih besar dari planet tersebut.

Planet terbesar di alam semesta tersebut berukuran dua kali lebih besar dari Jupiter dan 10 kali lebih berat, dikutip dari Live Science, Jumat (18/8/2023).

Sejak tiga dekade lalu, para astronom telah mulai melakukan eksplorasi jauh ke luar Tata Surya. Eksplorasi ini dilakukan untuk menemukan planet-planet ekstrasurya atau exoplanet.

Di Galaksi Bima Sakti, kita telah mengetahui planet-planet di dalamnya memiliki ukuran dan massa yang sangat beragam.

Jupiter menyandang gelar planet terbesar di Tata Surya, memiliki ukuran 11 kali Bumi.

Namun, ternyata setelah eksplorasi exoplanet dimulai sebelum tahun 1992, Jupiter masih kalah besar jika dibandingkan planet-planet raksasa yang ditemukan sejak saat itu.

Menentukan ukuran planet terbesar

Dalam menentukan ukuran sebuah planet, ada dua ukuran yang dipertimbangkan, yakni lebar (dua kali jari-jari) dan massanya.