Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/07/2023, 13:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Durian merupakan buah tropis dengan aroma yang sangat khas. Meski kulitnya tebal dan berduri, durian memiliki buah yang manis dan lembut.

Di samping itu, buah durian memiliki profil nutrisi yang cukup mengesankan. Buah durian pun menawarkan sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Manfaat durian bagi kesehatan

Melansir Healthline, studi menunjukkan bahwa buah durian menawarkan manfaat kesehatan sebagai berikut:

1. Mengurangi risiko kanker

Antioksidan dalam buah durian dapat menetralkan radikal bebas pemicu kanker. Dalam satu penelitian tabung reaksi, ekstrak durian mencegah penyebaran sel kanker payudara.

Baca juga: 3 Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan

2. Mencegah penyakit jantung

Beberapa senyawa dalam durian dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan risiko aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah.

3. Melawan infeksi

Kulit buah durian mengandung senyawa yang memiliki sifat antibakteri dan antiragi sehingga dipercaya dapat melawan infeksi.

4. Menurunkan gula darah

Durian memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah daripada banyak buah tropis lainnya, yang berarti durian dapat meningkatkan kadar gula darah lebih sedikit.

Sementara studi tersebut cukup menjanjikan, banyak studi masih dilakukan pada hewan atau dalam tabung reaksi. Jadi, belum ada klaim kuat terkait manfaat durian yang telah dikonfirmasi oleh studi terkontrol terhadap manusia.

Baca juga: 4 Manfaat Buah Lengkeng untuk Kesehatan

Berpotensi berbahaya dalam kombinasi dengan alkohol

Mengonsumsi durian bersamaan dengan alkohol dapat menyebabkan masalah. Para ilmuwan percaya bahwa senyawa seperti belerang dalam durian dapat mencegah enzim tertentu memecah alkohol, sehingga menyebabkan peningkatan kadar alkohol dalam darah.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan gejala seperti mual, muntah, dan jantung berdebar-debar. Oleh sebab itu, hindari makan durian dan minum alkohol secara bersamaan.

Kandungan durian

Satu porsi durian segar atau beku (243g) menyediakan 357 kalori, 3,6g protein, 66g karbohidrat, dan 13g lemak. Durian juga merupakan sumber potasium, fosfor, magnesium, vitamin C, dan folat.

Dilansir dari Verywell Fit, berikut adalah kandungan nutrisi dalam buah durian:

Baca juga: 5 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan

  • Kalori : 357
  • Lemak : 13 g
  • Natrium : 4,9 mg
  • Karbohidrat : 66 g
  • Serat : 9,2 g
  • Protein : 3,6 g
  • Kalium : 1060 mg
  • Fosfor : 94,8 mg
  • Magnesium : 72,9 mg
  • Vitamin C : 47,9 mg
  • Folat : 87,5 mcg.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com