Kompas.com - 15/07/2023, 09:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Usia alam semesta bisa dua kali lebih tua dari perkiraan saat ini. Hal ini berdasarkan sebuah studi baru yang belum lama ini dipublikasikan.

Peneliti dari University of Ottawa menyebutkan model baru menunjukkan bahwa alam semesta berusia 26,7 miliar tahun. Bukan 13,7 miliar tahun seperti yang diperkirakan sebelumnya.

Menghitung usia alam semesta

Dikutip dari Sci-News, Jumat (14/7/2023) selama bertahun-tahun, ahli astrofisika telah menghitung usia alam semesta kita dengan mengukur waktu yang telah berlalu sejak Big Bang dan dengan mempelajari bintang tertua berdasarkan pergeseran cahaya yang berasal dari galaksi jauh.

Pada tahun 2021, usia alam semesta kita diperkirakan 13,797 miliar tahun menggunakan model konkordansi Lambda-CDM.

Namun, banyak ilmuwan dibuat bingung oleh keberadaan bintang purba seperti Methuselah yang tampak lebih tua dari perkiraan usia alam semesta.

Ditambah lagi, ada kemungkinan penemuan galaksi awal dalam keadaan evolusi lanjutan oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb. Selain itu, ukurannya sangat kecil menambah lapisan misteri lain.