Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kanibalisme pada Primata, Monyet Tertangkap Kamera Makan Anaknya

Kompas.com - 05/07/2023, 10:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Seekor monyet terlihat beberapa saat menggendong bayinya yang sudah mati. Apa yang terjadi selanjutnya cukup mengejutkan, monyet betina ini kemudian tertangkap kamera memakan bayi yang sudah mati tersebut.

Pemandangan yang tidak menyenangkan ini menjadi perilaku kanibalisme yang langka, yang ditemukan pada primata.

Meski begitu, perilaku kanibalisme yang tidak biasa ini mungkin memiliki manfaat evolusioner yang memengaruhi peluang induk untuk bereproduksi di masa mendatang.

Kanibalisme primata

Dikutip dari IFL Science, Selasa (4/7/2023) monyet drill betina (Mandrillus leucophaeus) yang sedikit dipelajari dan terancam punah itu melahirkan bayi jantan di taman safari Dvur Králové di Republik Ceko pada 24 Agustus 2020.

Namun, bayi monyet tersebut tampaknya tidak sehat, dan delapan hari kemudian, pengamat menyadari bahwa bayi itu telah mati tanpa diketahui penyebabnya.

Awalnya, sang induk masih membawa mayat bayi bersamanya dan terus berinteraksi seolah-olah masih hidup. Demikian pula, monyet lain yang mencoba berhubungan dengan bayi yang sudah mati dengan menatap matanya.

Baca juga: Kanibalisme Hewan, Kecoak Ini Saling Makan Usai Ritual Kawin

Kemudian dua hari setelah kematian bayi tersebut, perilaku kanibalisme ditunjukkan induk monyet. Ia mulai melahap mayat anaknya yang sudah mati, hingga kemudian penjaga kebun binatang membawa pergi mayat itu.

Menariknya, tidak ada monyet lain yang memakan sisa-sisa tersebut.

Studi perilaku kanibalisme hewan

Terlepas dari pemandangan mengerikan yang mengganggu, namun itu tetap memberikan informasi penting tentang perilaku hewan.

Studi tentang fenomena terkait kematian pada hewan non-manusia merupakan bagian dari apa yang disebut 'thanatology komparatif' yang meneliti berbagai tanggapan terhadap tubuh.

Dalam hal ini, nasib bayi monyet dan induknya ditangkap oleh para peneliti yang sedang mempelajari pasukan monyet drill pada saat itu.

"Ini adalah laporan pertama tentang post-mortem dan kanibalisme bayi dalam kelompok monyet drill," tulis tim peneliti.

Tim sekarang telah menerbitkan hasil pengamatan mereka di sebuah makalah baru. Ini mencakup video induk monyet yang bernama Kumasi menggendong dan merawat bayinya serta monyet lain yang mencoba berinteraksi dengannya.

Baca juga: Kanibalisme Antar Spesies Dinosaurus Karnivora Pernah Terjadi, Ini Buktinya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com