Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Sel T Bisa Melawan Kanker?

Kompas.com - 09/05/2023, 10:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Sel T adalah sel darah dan sejenis sel darah putih. Belum lama ini, sebuah studi baru menemukan bagaimana sel T dapat melawan kanker dalam tubuh.

Seperti dilansir dari Medical Xpress, Selasa (9/5/2023), sekelompok ilmuwan di University of California San Diego telah menemukan sifat sel T yang dapat menginspirasi terapi baru anti tumor dan pengobatan kanker.

Lantas, bagaimana cara sel T melawan kanker?

T cell atau sel T adalah sejenis sel darah putih yang melindungi dari infeksi dan membantu tubuh melawan kanker.

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Immunity, menunjukkan bahwa cara sel T melawan kanker yakni melalui bentuk pensinyalan otomatis sel yang sebelumnya tidak terdeskripsikan.

Studi ini pun menunjukkan bahwa sel T terbukti mengaktifkan diri mereka sendiri di jaringan perifel, mendorong kemampuan untuk menyerang tumor.

Sel T di dalam organ getah bening, dilatih oleh sel penyaji antigen, yang seperti namanya, menghasilkan antigen ke sel T, lalu merangsang respons imun atau sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Bagaimana Etilen Oksida Bisa Memicu Kanker?

Bagian penting dari proses melawan kanker ini adalah pengikatan B7, yakni protein yang terdapat pada permukaan sel penyaji antigen, dengan CD28 yaitu reseptor pada sel T. Interaksi di antara keduanya, B7 dan CD28, adalah pendorong utama respons imun dari sel T.

Setelah sel T dilatih, sel ini pun akan meninggalkan organ getah bening dan melakukan perjalanan ke seluruh tubuh untuk menemukan dan menyerang kanker.

Dalam studi yang lebih baru menunjukkan, sel T dapat memproduksi B7 mereka sendiri, atau mengambil protein B7 dari sel penyaji antigen yang membawanya bersama mereka.

Akan tetapi, mengapa kedua sel ini melakukan hal itu, masih belum dapat dipahami peneliti.

Hal ini juga menimbulkan pertanyaan bagi para peneliti, apakah sel T sekarang dilengkapi dengan reseptor dan ligannya, yang mungkin dapat mengaktifkan dirinya sendiri.

Cara sel T melawan kanker

Dalam serangkaian percobaan, para ilmuwan menemukan bahwa sel T memang dapat mengaktifkan diri dengan mengerutkan membran sel mereka ke dalam untuk memungkinkan protein B7 dan reseptor CD28 saling mengikat untuk melawan kanker.

Baca juga: Bagaimana Hipertensi Bisa Memengaruhi Kesehatan Mental?

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com