Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/04/2023, 08:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Healthline


KOMPAS.com - Renang dan joging atau berlari santai merupakan bentuk olahraga untuk kardiovaskular yang baik untuk kebugaran tubuh.

Kedua aktivitas olahraga ini adalah bentuk latihan fisik yang sehat untuk dilakukan rutin setiap hari. Baik renang maupun joging, menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan kebugaran kardio dan membakar kalori, dikutip dari Healthline, Selasa (25/4/2023).

Kendati keduanya sama-sama dapat membantu tubuh membakar kalori, namun, mana yang lebih sehat, renang atau jogging?

Aktivitas berenang dapat meningkatkan detak jantung. Selain itu, manfaat berenang ini juga dapat memperkuat dan mengencangkan otot tubuh bagian atas dan bawah.

Sedangkan joging atau berlari santai, memberikan manfaat yang hampir sama. Hanya saja latihan kardiovaskular ini bermanfaat mengencangkan otot bagian bawah, serta membakar kalori dengan cepat karena dianggap sebagai latihan menahan beban.

Manfaat joging, ternyata juga dapat membantu tubuh mencegah dari potensi tulang keropos.

Baca juga: Lebih Sehat Mana Minum Air Mineral atau Rebusan?

Kalori yang dibakar saat berenang dan joging

Aktivitas renangg dan joging merupakan latihan fisik yang sama-sama dapat membantu tubuh membakar kalori. Namun, mana latihan yang dapat membakar kalori lebih banyak?

Harvard Medical School menunjukkan jumlah kalori yang dibakar baik saat berenang maupun jogging, berdasarkan berat badan dan durasi latihan selama 30 menit.

Berenang dengan santai atau dengan intensitas rendah, orang dengan berat badan 56 Kg, sedikitnya dapat membakar hingga 180 kalori, sedangkan orang yang melakukan renang dengan intensitas tinggi, maka ia dapat membakar sekitar 300 kalori.

Sementara, orang yang melakukan joging dengan kecepatan tempuh 12 menit per mil, dengan berat badan yang sama, akan dapat membakar sedikitnya 240 kalori.

Sedangkan, jika berlari ditempuh dengan kecepatan 8 menit per mil, maka ia dapat membakar hingga 375 kalori.

Lantas, apakah berlari atau joging lebih baik dibandingkan renang sebagai latihan untuk membakar lemak?

Baca juga: Lebih Sehat Mana, Kentang atau Nasi?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com