Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/04/2023, 03:34 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rasa lapar merupakan sesuatu hal yang umum. Namun pernahkah memperhatikan setelah bangun tidur biasanya kita akan merasa lapar.

Ternyata ada beberapa alasan di balik itu semua lho. Berikut di antaranya, seperti dikutip dari Medical News Today.

Baca juga: 5 Penyebab Sering Lapar, Kurang Tidur hingga Kurang Minum

Tidak cukup makan

Jika seseorang tidak mengkonsumsi cukup makanan mereka mungkin bangun dengan perasaan lapar.

Berdasarkan Dietary Guidelines, wanita dewasa yang cukup aktif harus mengkonsumsi 1.600-2.400 kalori per hari. Sementara bagi pria, kisarannya adalah 2.000-3.000 kalori.

Bila seseorang mengkonsumsi terlalu sedikit kalori, mereka mungkin akan bangun dengan lapar. Kelaparan seringkali merupkan sinyal tubuh yang membutuhkan lebih banyak energi untuk mengganti jumlah kalori yang dibakar.

Perubahan dalam rutinitas berolahraga

Jika seseorang mulai berolahraga lebih banyak, kemungkinan besar mereka membakar lebih banyak kalori pula.

Olahraga membutuhkan lebih banyak energi daripada aktivitas lain. Sehingga jika asupan kalori tidak mencukupi maka mereka mungkin bangun dengan rasa lapar.

Tidak cukup tidur

Sebuah artikel di jurnal Sleep, pola tidur yang terganggu dapat menyebabkan nafsu makan meningkat. Hal ini berpotensi membuat seseorang terbangun dalam keadaan lapar.

Baca juga: Apakah Kita Boleh Tidur dalam Kondisi Lapar?

Sindrom makan malam

Jika seseorang sudah cukup makan dan tidur namun tetap terbangun dengan rasa lapar, mungkine mereka memiliki kelainan yang termasuk dalam kategori diagnostik Other Specified Feeding or Eating Disorder (OSFED).

National Eating Disorders Association, OSFED biasanya menyebabkan seseorang bangun secara teratur dan perlu makan di malam hari.

Memahami penyebab mengapa terbangun dengan rasa lapar memang terbilang sulit karena kurangnya penelitian tentang masalah tersebut.

Namun ada beberapa cara juga yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Salah staunya adalah memantau asupan kalori dan memastikan memenuhi yang direkomendasikan untuk masing-masing orang berdasarkan usia dan tingkat aktivitasnya.

Selain itu juga penting untuk tidur setidaknya 7 jam per malam. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) ini adalah jumlah minimum yang dibutuhkan seseorang untuk tetap sehat.

Tapi jika rasa lapar saat bangun terasa menganggu, akan lebih baik berkonsultasi dengan profesional medis.

Baca juga: Mengapa Kita Merasa Lapar? Ini Penjelasannya Menurut Sains

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com