Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/04/2023, 14:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Sunscreen sangat penting digunakan untuk menghindari radiasi ultraviolet (UV) yang bisa membahayakan kesehatan kulit.

Biasanya, salah satu pertimbangan memilih produk sunscreen adalah tingkat SPFnya. Namun, apa sebenarnya SPF dalam sunscreen? Apakah semakin tinggi SPF berarti semakin baik?

Pengertian SPF pada sunscreen

Dilansir dari Verywell Health, SPF atau Sun Protection Factor. Sederhananya, tingkat SPF menandakan berapa lama kiya bisa bertahan di bawah sinar matahari tanpa terbakar saat memakai sunscreen tersebut, dibandingkan dengan berapa lama mita bisa bertahan di bawah sinar matahari sebelum terbakar tanpa memakai sunscreen. 

Misalnya, jika kulit kita biasanya membutuhkan waktu 15 menit untuk terbakar tanpa sunscreen dan kita menggunakan SPF 10, maka butuh waktu 10 kali lebih lama (2,5 jam) hingga kulit terbakar di bawah sinar matahari.

Baca juga: Apa Itu Sinar UV dari Matahari?

SPF yang lebih tinggi tidak menunjukkan perlindungan matahari yang lebih baik. Ini menunjukkan bahwa kita akan tetap terlindungi di bawah sinar matahari untuk waktu yang lebih lama.

Misalnya, produk SPF 2 melindungi kulit sama efektifnya dengan produk dengan SPF 30. Namun, tabir surya SPF 2 perlu dipakai lebih sering.

Agar aman, berapa pun SPF yang kita pilih, sebaiknya gunakan kembali sunscreen setidaknya setiap dua jam, terlebih setelah terkena air atau berkeringat.

American Academy of Dermatology merekomendasikan kita untuk menggunakan SPF 30 setiap hari untuk semua kulit yang terpapar sinar matahari.

Baca juga: Apa Itu Microsleep yang Sering Jadi Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas?

Apa itu radiasi ultraviolet?

Radiasi UV adalah bentuk radiasi yang dipancarkan oleh matahari dan sumber buatan, seperti tanning bed. 

Meski memiliki beberapa manfaat bagi manusia, seperti produk vitamin D, sinar matahari juga dapat menimbulkan risiko kesehatan.

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), sinar UV diklasifikasikan berdasarkan panjang gelombangnya, menjadi tiga jenis utama, ultraviolet A (UVA), ultraviolet B (UVB), dan ultraviolet C (UVC). 

Hampir semua radiasi UV yang mencapai Bumi adalah UVA, meski beberapa radiasi UVB juga mencapai Bumi. 

Radiasi UVA dan UVB keduanya dapat mempengaruhi kesehatan, tetapi UVA menembus lebih dalam ke dalam kulit dan lebih konstan sepanjang tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com