Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Rasanya Gigitan Laba-laba Black Widow?

Kompas.com - 14/04/2023, 10:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gigitan laba-laba Black Widow menjadi salah satu gigitan yang paling ditakuti.

Dikutip dari Live Science, Kamis (13/4/2023) racun Black Widow dilaporkan 15 kali lebih kuat daripada racun ular derik.

Akan tetapi karena laba-laba memberikan racun yang jauh yang lebih sedikit daripada ular, gigitan Black Widow meskipun menyakitkan, sangat jarang mengakibatkan kematian.

Sementara yang berisio serius jika terkena gigitan laba-laba tersebut adalah seseorang yang berusia sangat muda dan sangat tua.

Dilansir dari IFL Science, kebanyakan Black Widow akan mempertahankan teritori mereka dan menggigit jika dalam kondisi terancam saja.

Baca juga: Seperti Apa Rasanya Daging Mammoth?

 

Misalnya, saat tangan manusia masuk ke dalam lubang gelap tempat laba-laba bersembunyi. Situasi ini dapat mengancam mereka.

Namun gigitan Black Widow sebenarnya tergantung dengan kapan mereka mengigit, karena itu akan berpengaruh pada seberapa banyak racun yang dikeluarkan saat menggigit.

Memproduksi racun adalah hal yang mahal untuk hewan seperti Black Widow. Sehingga ketika persediaan racun habis, laba-laba perlu membuat lagi dan mereka pun akan rentan untuk sementara waktu.

Dengan demikian, mereka tidak akan mengigit dan meracuni segala sesuatu yang menganggu dan tidak akan memberikan jumlah racun yang sama ketika menggunakannya.

Akan tetapi, jika sedang tidak beruntung, gigitan laba-laba Black Widow tentunya bisa berisi racun dengan kekuatan penuh yang mana efek gigitan ini tentunya akan sangat menyakitkan.

Baca juga: Seperti Apa Rasanya Berada di Kantong Kanguru?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com