Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejak Kapan Bra Mulai Digunakan Perempuan sebagai Pakaian Dalam?

Kompas.com - 28/02/2023, 09:03 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber TIME,NPR


KOMPAS.com - Bra adalah pakaian dalam wanita yang didesain untuk menyangga atau menutupi payudara. Pada perkembangannya, model bra semakin beragam dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari dunia fesyen.

Alat penyangga payudara ini pun berkembang pesat dengan berbagai model dan bentuk yang didesain beragam. Bahkan, tak jarang banyak industri pakaian dalam wanita yang mengembangkan bra unik hingga bra khusus remaja perempuan.

Kendati demikian, bagaimana dan sejak kapan bra mulai digunakan?

Asal-mula penggunaan bra bisa dirunut dari orang Yunani kuno.

Dikutip dari NPR, Senin (27/2/2023), sejarah bra pertama yang tercatat kemungkinan besar berasal dari Yunani kuno, yakni ketika wanita melilitkan pita wol atau linen di payudara mereka lalu mengikatnya ke belakang.

Namun, paten bra modern pertama mulai dikeluarkan pada 3 November 1914 di Amerika Serikat. Hak paten pakaian dalam untuk perempuan itu pun diberikan kepada Mary Phelps Jacobs atau yang kemudian dikenal sebagai Caresse Crosby.

Baca juga: Sejak Kapan Uang Menjadi Alat Tukar dan Pembayaran?

"Bra pertama ini pada dasarnya hanya dua sapu tangan yang dijahit menjadi satu sehingga menciptakan semacam cup bra. Tapi itu ringan dan akan diikat di leher menyerupai bikini halter top." kata Lynn Boorady, profesor teknologi mode dan tekstil di Buffalo State University, dikutip dari Time.

Crosby sendiri menciptakan bra untuk menghindari pemakaian korset yang ia sebut sebagai baju besi seperti kotak dari tulang ikan paus dan tali pengikat merah muda yang kaku saat akan menghadiri suatu pesta.

Dibandingkan dengan dengan korset logam yang membatasi gerak wanita, bra tentunya adalah lambang kelegaan.

Penemuan Crosby pun menjadi pembicaraan di pesta, gadis lain berkerumun dan menanyakan bagaimana ia bisa menari begitu bebas. Para gadis ini juga meminta Crosby untuk menjahitkan bra untuk mereka.

Perkembangan bra makin pesat saat Perang Dunia I

Kendati Crosby mengenakan bra ini di sebuah pesta dan dipuji karena membuat perempuan bisa lebih leluasa bergerak, namun para wanita pada saat itu tidak sering memakai pakaian dalam ini di luar rumah.

Baca juga: Sejak Kapan Manusia Merokok?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com