Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta-fakta Menarik Tenggelamnya Kapal Titanic

Kompas.com - 27/02/2023, 10:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tragedi tenggelamnya kapal Titanic tidak akan mudah hilang dari ingatan, meski terjadi lebih dari seabad lalu.

Dalam perjalanan perdananya menuju ke New York City, kapal nahas itu menabrak gunung es dan menewaskan setidaknya 1500 orang pada 15 April 1912.

Akan tetapi, cerita Titanic tak sampai disitu saja, masih ada beberapa fakta lain yang mungkin belum banyak diketahui. Apa saja, berikut di antaranya.

Fakta-fakta menarik tenggelamnya kapal Titanic

Fakta menarik tenggelamnya kapal Titanic yang pertama adalah kisah salah satu pemusik yang ikut berlayar kala itu. Dikutip dari Insider, Minggu (26/2/2023) Roger Bricoux adalah pemain cello di Titanic dan baru berusia 21 tahun ketika ia tewas saat kapal tenggelam.

Tetapi Bricoux tidak secara resmi dinyatakan meninggal sampai tahun 2000 meskipun semua musisi meninggal pada tanggal 15 April 1912.

Sebelum semua musisi ini meninggal, mereka memainkan musik selama lebih dari dua jam setelah kapal menabrak gunung es untuk menenangkan penumpang. Ini seperti yang digambarkan dalam film Titanic yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet yang dirilis tahun 1997.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Cleopatra Sang Ratu Mesir

  • Fakta pembuatan kapal Titanic memakan korban

Sebelum akhirnya pelayaran perdana menjadi tragedi memilukan, ternyata terdapat fakta menyesakkan saat kapal ini mulai dibangun.

Sebab, sejak awal Titanic sudah memakan korban, yakni 8 orang tewas selama pembangunan kapal, tetapi hanya lima nama yang diketahui.

Mereka adalah Samuel Scott, John Kelly, William Clarke, James Dobbin, dan Robert Murphy. Sebuah plakat pun dibangun untuk mengenang delapan pria, dan diresmikan di Belfast pada tahun 2012.

  • Fakta penemuan bangkai kapal Titanic

Fakta menarik dari kapal Titanic adalah kisah penemuan bangkai kapal besar ini. Titanic adalah kapal terbesar di dunia saat itu, tapi faktanya, ternyata sulit menemukan bangkainya ketika kapal tersebut tenggelam.

Bahkan, membutuhkan waktu hingga 73 tahun untuk menemukan kapal ini. Haluan kapal Titanic baru ditemukan pada tahun 1985, yang kemungkinan itu terjadi selama misi rahasia Angkatan Laut Perang Dingin. 

Ketika bangkai kapal itu ditemukan, akhirnya dikonfirmasi bahwa kapal sebenarnya telah pecah menjadi dua. Ini adalah masalah yang telah lama diperdebatkan.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Nefertiti Ratu Mesir Kuno yang Kharismatik

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com