Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta-fakta King Cobra, Ular Berbisa Terbesar di Dunia

Kompas.com - 17/02/2023, 08:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber AZ Animals


KOMPAS.com - King cobra adalah spesies ular berbisa yang memiliki tampilan ikonik dan langsung dapat dikenali. Ada beberapa fakta menarik tentang ular ini.

Faktanya, ular king cobra tak hanya memiliki bisa yang sangat beracun.

King cobra yang sebagian besar dapat ditemukan di Asia ini, juga merupakan simbol budaya yang penting di berbagai negara di benua ini.

Fakta menarik king cobra

Berikut fakta-fakta menarik king cobra, yang tak hanya sebagai ular paling berbisa di dunia.

1. King cobra ular berbisa terbesar

Dinobatkan sebagai ular berbisa terbesar di dunia, king cobra terbesar yang pernah ditemukan memiliki panjang yang hampir mencapai 5,7 meter.

Dikutip dari AZ Animals, Jumat (17/2/2023), kini sebagian besar king cobra hanya tumbuh antara 2,7 meter hingga 3,6 meter. Beberapa peneliti meyakini bahwa ular berbisa ini mungkin bisa tumbuh hingga sepanjang 6 meter lebih.

Kendati memiliki ukuran yang sangat panjang, namun king cobra bukan ular terbesar secara keseluruhan. Sebab, ular seperti anaconda atau phyton reticulated dapat tumbuh melampaui panjang ular king cobra.

Baca juga: Mengenal Ular King Cobra, Ular Berbisa Terpanjang di Dunia

2. Bisa king cobra mengandung racun neurotoksik

King cobra adalah ular yang sangat berbisa. Salah satu jenis racun yang terdapat dalam bisa ular ini adalah racun neurotoksik yang dapat merusak saraf.

Saat digigit king cobra, maka ular ini akan menyuntikkan racun tersebut, efeknya manusia akan mengalami berbagai jenis kegagalan sistem saraf. Bahkan, dapat menyebabkan serangan jantung dan ketidakmampuan untuk bernapas.

Racun king cobra berbeda dengan racin hemotoksik yang membunuh sel darah dan otot. Namun, racun ular king cobra ini dapat menyebabkan nekrosis di tempat bekas gigitan.

3. King cobra satu-satunya ular yang membuat sarang

Berbeda dengan jenis ular berbisa lainnya, fakta king cobra adalah satu-satunya ular yang membuat sarang untuk anak-anak mereka.

Sarang itu digunakan sampai anak-anak king cobra lahir, dan mereka akan mempertahankan sarang tersebut dengan sangat ganas.

Biasanya, ular king cobra dapat bertelur hingga 40 telur sekaligus, dan menempatkan telur-telur itu di sarang yang berisi tumbuh-tumbuhan.

Baca juga: Mengapa King Cobra Punya Banyak Racun yang Mematikan?

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com