Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fakta-fakta King Cobra, Ular Berbisa Terbesar di Dunia

KOMPAS.com - King cobra adalah spesies ular berbisa yang memiliki tampilan ikonik dan langsung dapat dikenali. Ada beberapa fakta menarik tentang ular ini.

Faktanya, ular king cobra tak hanya memiliki bisa yang sangat beracun.

King cobra yang sebagian besar dapat ditemukan di Asia ini, juga merupakan simbol budaya yang penting di berbagai negara di benua ini.

Fakta menarik king cobra

Berikut fakta-fakta menarik king cobra, yang tak hanya sebagai ular paling berbisa di dunia.

1. King cobra ular berbisa terbesar

Dinobatkan sebagai ular berbisa terbesar di dunia, king cobra terbesar yang pernah ditemukan memiliki panjang yang hampir mencapai 5,7 meter.

Dikutip dari AZ Animals, Jumat (17/2/2023), kini sebagian besar king cobra hanya tumbuh antara 2,7 meter hingga 3,6 meter. Beberapa peneliti meyakini bahwa ular berbisa ini mungkin bisa tumbuh hingga sepanjang 6 meter lebih.

Kendati memiliki ukuran yang sangat panjang, namun king cobra bukan ular terbesar secara keseluruhan. Sebab, ular seperti anaconda atau phyton reticulated dapat tumbuh melampaui panjang ular king cobra.

2. Bisa king cobra mengandung racun neurotoksik

King cobra adalah ular yang sangat berbisa. Salah satu jenis racun yang terdapat dalam bisa ular ini adalah racun neurotoksik yang dapat merusak saraf.

Saat digigit king cobra, maka ular ini akan menyuntikkan racun tersebut, efeknya manusia akan mengalami berbagai jenis kegagalan sistem saraf. Bahkan, dapat menyebabkan serangan jantung dan ketidakmampuan untuk bernapas.

Racun king cobra berbeda dengan racin hemotoksik yang membunuh sel darah dan otot. Namun, racun ular king cobra ini dapat menyebabkan nekrosis di tempat bekas gigitan.

3. King cobra satu-satunya ular yang membuat sarang

Berbeda dengan jenis ular berbisa lainnya, fakta king cobra adalah satu-satunya ular yang membuat sarang untuk anak-anak mereka.

Sarang itu digunakan sampai anak-anak king cobra lahir, dan mereka akan mempertahankan sarang tersebut dengan sangat ganas.

Biasanya, ular king cobra dapat bertelur hingga 40 telur sekaligus, dan menempatkan telur-telur itu di sarang yang berisi tumbuh-tumbuhan.

4. King cobra memakan ular kobra lain

Salah satu fakta mengerikan dari king cobra adalah sifat kanibal mereka yang memakan ular kobra atau ular jenis lainnya. Umumnya, mereka akan memangsa ular yang tidak menimbulkan banyak ancaman bagi mereka.

Misalnya mereka bisa memakan ular sanca dan ular tikus, bahkan beberapa di antaranya memiliki ukuran tubuh yang sama dengan king cobra.

5. King cobra berbeda dengan ular kobra

Fakta lainnya adalah king cobra bukan kobra sejati karena tidak termasuk dalam genus ular Naja. Ular ini memiliki genusnya sendiri yang disebut Ophiophagus.

Terkadang, cukup membingungkan untuk membedakan king cobra dengan salah satu elapid lainnya. Karena salah satu yang tampak sama dari king cobra dan kobra adalah memiliki tudung di kepala mereka.

6. King cobra bisa hidup sampai 20 tahun

Masa hidup king cobra dapat cukup lama, ular ini bisa hidup sampai usia 20 tahun. Habitat king cobra adalah di tempat-tempat yang penuh dengan satwa liar yang mematikan.

Kendati hidup di daerah dengan potensi bahaya yang tinggi, tapi mereka adalah predator puncak yang tertinggi di dalam rantai makanan.

Seekor king cobra bisa bertahan hidup selama 20 tahun di alam liar, dan mungkin bisa hidup lebih lama jika dirawat di penangkaran.

7. Gigitan king cobra bisa membunuh 20 orang

Fakta lain king cobra adalah racunnya yang sangat mematikan. Gigitan king cobra paling mematikan di dunia.

Kendati tidak membunuh orang sebanyak ular kobra India atau ular berbisa Russell, namun satu gigitan king cobra dengan racun yang kuat bisa membunuh 20 orang atau seekor gajah.

8. Tudung king cobra tidak selalu besar

King cobra sebenarnya memiliki kepala yang agak kecil, namun saat merasa terancam maka tudungnya akan mengembang dan memperlihatkan kepalanya akan tampak besar.

9. Hewan yang paling ditakuti king cobra

Kendati merupakan ular berbisa terbesar di dunia dan ular paling mematikan di dunia, fakta uniknya, king cobra takut pada mongoose atau garangan.

Mongoose memangsa king cobra, karena hewan ini memiliki tingkat kelincahan yang tinggi. Kelincahan hewan tersebut memungkinkan mereka lihai bergerak dan menyerang dari berbagai sudut.

Selain itu, mangoose diyakini kebal terhadap bisa ular, termasuk bisa king cobra, tetapi jika harus menerima gigitan berulang, mungkin hewan tersebut juga dapat ditaklukkan.

10. Habitat king cobra

King cobra adalah ular yang berbahaya dan menakutkan. Mereka dikenal dapat menghabiskan waktu di berbagai vegetasi.

Fakta habitat king cobra tak hanya bisa ditemui di tanah, tetapi juga di air hingga pepohonan. Di air, king cobra adalah perenang terbaik, dan mereka sering berenang melintasi badan air untuk mencari makan.

Fakta lain yang sedikit menakutkan adalah king cobra dapat memanjat pohon dengan sangat baik.

Pada dasarnya, king cobra adalah makhluk besar dan berbahaya yang harus diperlakukan dengan baik. Jika Anda menemukan king cobra di alam liar, maka pastikan Anda menjaga jarak, mengawasinya sambil keluar dari area tersebut dengan aman.

Banyak kasus orang digigit king cobra saat mencoba menangani ular ini, dan itu merupakan kesalahan yang dapat berpotensi mematikan.

https://www.kompas.com/sains/read/2023/02/17/080100723/fakta-fakta-king-cobra-ular-berbisa-terbesar-di-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke