Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Terjadi pada Otak Kita Saat Patah Hati?

Kompas.com - 15/02/2023, 18:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Patah hati bisa dialami siapa saja dan penyebabnya bisa sangat beragam, seperti berpisah dengan pasangan, dikhianati oleh teman dekat, dan lain-lain.

Saat dilanda patah hati, kita merasa sedih, stres, dan tidak bersemangat. Sementara itu, stres yang berkepanjangan atau meningkat dari waktu ke waktu, dapat berakibat buruk bagi kesehatan. 

Apa yang terjadi pada otak saat patah hati?

Para ahli setuju bahwa putus cinta dapat menyebabkan rasa sakit fisik dan efek kesehatan lainnya, namun penyebabnya masih belum jelas.

Dikutip dari Healthline, penelitian menemukan bahwa orang-orang yang baru saja mengalami putus cinta mengalami aktivitas otak yang serupa ketika diperlihatkan foto orang yang mereka cintai seperti yang mereka lakukan ketika mengalami sakit fisik. 

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Tubuh Jika Terlalu Banyak Makan Lemak?

Para peneliti menyimpulkan bahwa penolakan serta rasa sakit emosional dan fisik, semuanya diproses di wilayah otak yang sama.

Menurut Meghan Laslocky, yang telah menulis buku tentang patah hati, hal ini bisa jadi karena sistem aktivasi simpatik dan parasimpatis dipicu secara bersamaan.

Parasimpatis sistem adalah bagian dari sistem saraf manusia yang menangani fungsi santai, seperti pencernaan dan produksi air liur. Bagian ini memperlambat detak jantung dan pernapasan. 

Sistem saraf simpatik, di sisi lain, menyiapkan tubuh untuk beraksi. Ini adalah respons fight-or-flight yang mengirimkan hormon ke seluruh tubuh untuk meningkatkan detak jantung dan membangunkan otot. 

Ketika keduanya dihidupkan secara bersamaan, masuk akal jika tubuh akan mengalami ketidaknyamanan, bahkan mengalami nyeri dada.

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Tubuh Saat Pingsan?

Patah hati dan broken heart syndrome 

Ada kondisi yang dikenal dengan nama broken heart syndrome (sindrom patah hati) atau kardiomiopati Takotsubo. Dikutip dari Harvard Health Publishing, broken heart syndrome adalah kondisi melemahnya ventrikel kiri (ruang pompa utama jantung), yang biasanya diakibatkan oleh stres emosional atau fisik yang parah, seperti sakit mendadak, kehilangan orang yang dicintai, kecelakaan serius, atau bencana alam. 

Melihat penyebabnya, inilah alasan kondisi ini juga disebut kardiomiopati akibat stres atau broken heart syndrome. 

Orang yang mengalami broken heart syndrome mungkin mengira dirinya mengalami serangan jantung karena kedua kondisi tersebut menyebabkan sesak napas dan nyeri dada. 

Namun, broken heart syndrome tidak menyebabkan penyumbatan arteri koroner atau kerusakan jantung permanen. Kondisi ini pun biasanya bisa sembuh dan pulih dengan cepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com