Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2022, 21:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Gaya gravitasi adalah gaya yang digunakan planet untuk menarik objek ke pusatnya.

Apa pun yang memiliki massa juga memiliki gaya gravitasi. Benda dengan massa lebih besar memiliki gravitasi lebih besar. 

Gaya gravitasi juga semakin lemah dengan jarak. Jadi, semakin dekat objek satu sama lain, semakin kuat gaya gravitasinya.

Gravitasi Bumi berasal dari semua massanya. Semua massa Bumi menghasilkan tarikan gravitasi gabungan pada semua massa di tubuh makhluk hidup. Inilah yang memberi kita berat badan. 

Baca juga: Pengertian dan Macam-macam Gaya

Manfaat gaya gravitasi

Gaya gravitasi sangat penting bagi makhluk hidup, termasuk manusia. Kita tentu tidak bisa hidup di Bumi tanpa gravitasi.

Dilansir dari NASA, gaya gravitasi membuat Bumi tetap mengorbit Matahari sehingga semua makhluk hidup dapat menikmati cahaya Matahari dari jarak yang nyaman.

Gravitasi juga menahan atmosfer dan udara yang dibutuhkan untuk bernapas. Dengan demikian, gravitasi membantu menjaga kehidupan di Bumi.

Baca juga: Perbedaan Gaya dan Gerak

Namun, gaya gravitasi tidak sama di setiap tempat di Bumi. Tempat-tempat dengan massa lebih banyak di bawah tanah memiliki gaya gravitasi yang lebih kuat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com