Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Proses Pengolahan Limbah Cair Secara Fisika

Kompas.com - 19/01/2022, 09:31 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comLimbah cair merupakan adalah proses yang diberikan pada limbah cair sebelum limbah tersebut dibuang ke lingkungan. Proses ini sangat penting agar limbah tidak mengganggu lingkungan. Terdapat beberapa cara pengolahan limbah kimia, yaitu secara fisika, kimia, dan biologis.

Pengolahan limbah cair dilakukan hingga limbah yang dibuang tidak mengontaminasi sumber mata air minum dan tidak mengganggu kehidupan flora dan fauna di air. Prinsip pengolahan limbah secara fisika adalah menghilangkan padatan yang tersuspensi pada air.

Pengolahan limbah cair secara fisika dapat dilakukan melalui cara sebagai berikut.

1. Penyaringan atau filtrasi

Metode ini merupakan metode yang paling mudah dan murah. Namun, biasanya metode ini hanya digunakan sebagai proses awal atau screening karena proses ini hanya bisa menyaring partikel-partikel dengan ukuran yang lebih besar.

2. Sedimentasi

Sedimentasi adalah cara memisahkan padatan partikel yang tersuspensi di air. Padatan tersebut adalah partikel yang memiliki massa jenis yang lebih tinggi dari massa jenis air. Proses sedimentasi ini memanfaatkan gaya gravitasi terhadap larutan yang diolah. Endapan partikel ini biasanya berupa lumpur yang nantinya akan dipisahkan menuju ke saluran air.

Baca juga: Cara Pengolahan Limbah Pabrik untuk Mencegah Pencemaran Lingkungan

3. Pengapungan

Cara ini digunakan untuk memisahkan partikel-partikel padat atau cair yang massa jenisnya lebih ringan dari airnya. Pemisahan dilakukan dengan memasukkan gelembung-gelembung gas ke dalam limbah cair. Gelembung tersebut akan melekat pada partikel dan mendorong partikel tersebut ke permukaan. Contoh partikel yang bisa digunakan dengan proses ini adalah suspensi minyak dalam air.

Setelah melakukan proses secara fisika, proses pengolahan limbah cair bisa dilanjutkan dengan pengolahan secara kimiawi dan biologis, jika dibutuhkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com