Kompas.com - 22/10/2022, 18:05 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Wabah Black Death alias Wabah Hitam yang terjadi pada pertengahan 1300-an ternyata mempengaruhi evolusi manusia. Hal tersebut terungkap setelah peneliti melakukan analisis DNA yang telah diekstraksi dari korban dan penyintas Black Death.

Hasil studi kemudian menunjukkan bahwa wabah monumental yang melanda Eropa pada abad ke-14 terus memengaruhi biologi tubuh manusia hingga hari ini.

Bukan hanya karena patogen yang masih aktif tetapi karena pandemi yang mematikan itu memicu adaptasi dalam sistem kekebalan manusia yang terus berkembang selama ratusan tahun.

Sayangnya, perubahan itu disebut peneliti belum tentu menguntungkan dalam jangka panjang.

Meski gen yang terlibat tampaknya memberikan peningkatan resistensi terhadap wabah, ilmuwan menemukan pula bahwa gen yang sama terkait dengan peningkatan kerentanan terhadap kondisi autoimun seseorang, seperti penyakit Crohn dan rheumatoid arthritis.

Temuan bagaimana wabah Black Death mempengaruhi evolusi biologi tubuh manusia ini pun, seperti dikutip dari Science Alert, Sabtu (22/10/2022) menunjukkan bahwa pandemi mungkin memiliki efek jangka panjang yang tak terduga, kadang merusak dari generasi ke generasi.