Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/09/2022, 13:02 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Sotong memiliki karakteristik yang mirip dengan kerabat genetik mereka, yakni gurita, cumi-cumi , dan nautilus.

Namun, sebenarnya, setiap spesies sotong terlihat berbeda, bergantung habitat mereka dan komposisi jaring makanan di tempat mereka beradaptasi.

Habitat sotong

Dilansir dari National Marine Sanctuary System, habitat sotong adalah laut di garis lintang tropis dan sedang. Umumnya, sotong hidup di perairan dangkal dekat terumbu karang. 

Meski demikian, beberapa spesies sotong dapat hidup di kedalaman laut hampir 600 meter.

Sotong banyak ditemukan di Samudra Atlantik timur, Laut Mediterania, Laut Utara dan Baltik, serta dekat Afrika barat laut. 

Baca juga: Apakah Sotong Termasuk Hewan Pintar?

Habitat sotong sangat berpengaruh bagi kehidupannya. Misalnya, makanan sotong sangat bervariasi, bergantung habitat mereka di laut. 

Paling umum, sotong memakan moluska, kerang, ikan, gurita, cacing, dan bahkan sotong lainnya.

Sama bervariasinya dengan makanan adalah strategi berburu sotong, yang juga bergantung pada lingkungan dan target mangsa mereka. 

Secara umum, sotong adalah predator aktif dan agresif yang menggunakan kemampuan mengubah warna dan gerakan tentakel untuk memikat mangsanya sebelum meraihnya dalam gerakan cepat. 

Baca juga: Cara Sotong Berkembang Biak

Dalam beberapa kasus, sotong dapat menggunakan strategi penyergapan dengan menyamarkan diri sendiri, menunggu sampai mangsa berenang mendekat, dan mengambil kesempatan untuk segera menangkap dan memakannya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com