Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/09/2022, 09:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Selain musim kemarau dan musim hujan di Indonesia, di bagian belahan Bumi lainnya, terdapat negara dengan empat musim dalam setahun. Lantas, apa penyebab perbedaan musim di dunia ini?

Musim adalah periode tahunan dengan perbedaan kondisi cuaca dan panjang hari.

Di negara tropis seperti Indonesia, hanya terdapat dua musim, yakni musim kemarau dan musim hujan.

Sementara, di belahan Bumi lainnya, terdapat negara dengan empat musim. Di antaranya musim semi (spring), musim gugur (autumn), musim panas (summer) dan musim dingin (winter).

Empat musim di dunia atau di setiap negara dapat bervariasi. Ada beberapa penyebab yang membuat musim di negara satu dan lainnya bisa berbeda.

Penyebab perbedaan musim di dunia

Dikutip dari Live Science edisi 11 Februari 2022, penyebab perbedaan siklus musim di dunia adalah karena kemiringan Bumi ke arah Matahari. Hal ini dipengaruhi oleh perputaran Bumi pada porosnya yang disebut dengan rotasi Bumi.

Baca juga: Ada Berapa Musim di Dunia?

Penyebab perbedaan musim di dunia yakni karena planet ini berputar di sekitar sumbu dan pada waktu yang berbeda sepanjang tahun, sumbu utara atau selatan akan berada lebih dekat ke Matahari.

Selama waktu perputaran ini, maka belahan Bumi yang megarah ke Matahari akan mengalami musim panas.

Sedangkan, menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), belahan Bumi yang miring menjauh dari Matahari akan mengalami musim dingin.

Dalam perjalanan tahunan Bumi, poros Bumi di lokasi lain akan berada dalam posisi tidak miring ke arah atau menjauhi Matahari.

Oleh karenanya, dalam setahun selama waktu-waktu tersebut, belahan Bumi yang lainnya pun akan mengalami musim semi dan musim gugur.

Penyebab perbedaan musim karena titik balik matahari

Secara astronomis, penyebab perbedaan musim di dunia ini berkaitan dengan titik-titik tertentu dalam perjalanan Bumi mengelilingi Matahari.

Baca juga: Dari Musim Dingin, Musim Panas hingga Musim Semi, Kenapa Bumi Punya Banyak Musim?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com