Studi Ungkap Tanaman Pertama yang Harus Ditumbuhkan di Mars

Kompas.com - 22/08/2022, 13:03 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Mars menjadi salah satu tujuan eksplorasi luar angkasa kita saat ini. Berbagai misi diluncurkan kesana, termasuk rencana mengirimkan astronot ke planet merah itu.

Tapi setelah para astronot mampu mengatasi semua tantangan untuk sampai di Mars, bukan berarti tugas mereka lantas usai.

Mereka harus mencari cara untuk membuat kehidupan berkelanjutan di sana. Menanam serta mengolah tanaman akan menjadi bagian utama dari itu.

Baca juga: Cari Bukti Kehidupan di Bawah Tanah Mars, Ilmuwan Bikin Robot Penjelajah Gua

Lanskap planet merah secara teori dapat digunakan untuk bercocok tanam. Tetapi tentu tak akan semudah itu.

Pasalnya, lanskap terdiri dari pasir dan debu yang tak mengandung bahan organik dan mikroba yang berguna.

Lanskap juga penuh dengan garam dan mineral yang membuat sebagian besar tanaman berjuang untuk bertahan hidup.

Namun sekarang, sebuah studi baru mengungkapkan titik terang soal tanaman apa yang mampu bertahan di lanskap keras Mars.

Dikutip dari Science Alert, Minggu (21/8/2022) tanaman yang dimaksud adalah alfafa.

Tanaman tersebut menurut peneliti akan mampu bertahan di tanah vulkanik yang keras seperti di Mars.

Tanaman alfafa itu, bahkan juga bisa digunakan untuk menyuburkan tanaman pangan lain seperti lobak, turnip, dan selada.

"Kandungan nutrisi yang rendah di tanah Mars serta salinitas air yang tinggi, membuat mereka tak layak digunakan secara langsung untuk menanam tanaman pangan," tulis para peneliti dalam makalah mereka.

"Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan strategi untuk meningkatkan kandungan nutrisi di tanah Mars serta menghilangkan garam untuk jangka panjang," jelas peneliti lagi.

Menemukan tanaman yang cocok dengan tanah Mars itu rumit. Tapi peneliti mengumpulkan perkiraan terbaik yang mereka bisa, sebelum menguji benih yang berbeda pada simulasi tanah Mars.

Dan hasilnya, peneliti menemukan bahwa alfafa mampu tumbuh sehat seperti di tanah Bumi tanpa pupuk tambahan.

Simulasi tanah Mars itu kemudian diuji lagi dengan menambahkan alfafa sebagai pupuk lobak, turnip, dan selada yang merupakan tanaman yang membutuhkan sedikit perawatan.

Peneliti pun melihat ketiga tanaman itu bisa tumbuh dengan cepat dan tak membutuhkan banyak air.