Cari Bukti Kehidupan di Bawah Tanah Mars, Ilmuwan Bikin Robot Penjelajah Gua

Kompas.com - 06/07/2022, 10:02 WIB


KOMPAS.com- Penelitian baru menunjukkan bahwa peluang terbaik untuk menemukan bukti kehidupan di Mars adalah dengan melihat apa yang ada di bawah permukaan planet merah ini.

Peneliti menyebut setidaknya untuk mempelajari 2 meter di bawah permukaan planet merah itu.

Eksplorasi bawah tanah ini bukannya tanpa alasan. Mars memiliki atmosfer yang sangat tipis, artinya permukaan planet merah dibombardir oleh radiasi energi tinggi dari luar angkasa.

Akibatnya, hal itu dapat dengan cepat mendegradasi zat seperti asam amino yang menjadi bukti kehidupan

Kondisi permukaan yang keras juga menghadirkan tantangan bagi astronot. Ini lah menjadi salah satu alasan para ilmuwan menyarankan bahwa gua di planet ini bisa menjadi kunci untuk menemukan bukti kehidupan.

Akan tetapi, untuk melakukannya tentu bukan hal yang mudah. Apalagi kita belum pernah mengintip ke dalam gua Mars sehingga sulit untuk mengetahui apa yang akan terjadi.

Namun kini, ilmuwan rupanya tengah menyiapkan ReachBot, robot yang dirancang untuk merangkak dan memanjat gua-gua di luar angkasa, tentu saja salah satunya adalah Mars.

Baca juga: Cari Kehidupan di Mars, Robot Perseverance NASA Mulai Kumpulkan Batuan

Dikutip dari CNN, Selasa (5/7/2022) ide ReachBot lahir pada tahun 2018 saat Marco Pavone direktur Autonomous Systems Lab di Stanford University bersama mahasiswa tengah melakukan brainstroming konsep untuk penjelajah gua Mars.

Robot yang disebut seukuran antara bola basket dan ovven pemanggang roti ini ditutupi dengan semacam lengan yang dapat diperpanjang dan dilengkapi dengan pegangan berduri yang dapat mengambil benda dan menggenggam atau mendorng permukaan curam berbatu gua Mars.

Robot juga bakal mampu berlabuh dan merangkak melintasi jarak jauh. Ketika lengan tak diperlukan, lengan itu akan menggulung agar tak menghalangi.

Saat ini ReachBot telah mendapatkan pendanaan dan selama dua tahun kedepan akan mengerjakan simulasi 3D, prototipe robot, mengembangkan strategi yang membantu robot menghindari risiko, dan menguji ReachBot di lingkungan misi yang realistis.

Percobaan robot yang akan mencari bukti kehidupan di Bandung ini juga akan menentukan bagaimana robot penjelajah gua Mars, ReachBot, dapat digunakan untuk eksplorasi di masa mendatang.

Baca juga: Benarkah Ada Bukti Kehidupan di Mars sejak Tahun 1970?

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.