Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indramayu Jadi Wilayah dengan Kasus Kusta Tertinggi se-Jawa Barat, Kok Bisa?

Kompas.com - 07/07/2022, 10:00 WIB
Zintan Prihatini,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabupaten Indramayu menjadi wilayah dengan kasus kusta tertinggi di Provinsi Jawa Barat. Setidaknya, ada 194 kasus positif kusta yang diidentifikasi di wilayah ini pada tahun 2021.

Menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indramayu, Wawan Ridwan, terdapat dua kecamatan di Kabupaten Indramayu yang melaporkan kasus kusta terbanyak, di antaranya Kecamatan Juntinyuat dan Kertasemaya.

"Memang (kasus kusta) paling banyak di dua kecamatan itu. Ini juga katanya Indramayu yang tertinggi di Jawa Barat jadinya, karena memang penemuan kasusnya kita menjadi intensif," ujar Wawan saat ditemui di kantor Dinkes Indramayu, Selasa (5/7/2022).

Adapun menurut data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Indonesia menjadi negara ketiga dengan kasus kusta tertinggi di dunia setelah India dan Brasil.

Baca juga: Kasus Kusta Masih Tinggi, Indonesia Berada di Urutan Tiga Teratas Dunia

Berdasarkan data yang dihimpun Kemenkes per 24 Januari 2022, jumlah kasus kusta secara nasional sebanyak 13.487, dengan penemuan kasus baru sebesar 7.146 kasus.

Terkait dengan tingginya kasus kusta di Indramayu, Wawan berkata bahwa ini artinya upaya untuk mengidentifikasi penyakit tersebut telah dilakukan dengan baik.

"Ini pun sebenarnya bukan hal yang memalukan karena makin tinggi penemuan kasusnya berarti memang kita kerja," ujarnya.

Sehingga, kasus-kasus yang sebelumnya tidak dilaporkan bisa segera tercatat dan pasien mendapatkan pengobatan sedini mungkin.

"Temen-temen di puskesmas, petugas pusat, tenaga medis memang kita dorong untuk menemukan kasus baru supaya segera diobati," jelasnya.

"Kemudian, yang kontak keluarganya juga kita ada pendekatan dengan pep-com (post exposure prophylaxis and community) untuk profilaksis exposure, kemudian juga pendekatan ke masyarakatnya," lanjut Wawan.

Baca juga: Penyakit Kusta Bisa Disembuhkan asal Cepat Dideteksi dan Diobati

Pep-com sendiri merupakan kegiatan yang diinisiasi Yayasan NLR Indonesia untuk memutus rantai penularan dengan pemberian obat pencegahan, peningkatan pengetahuan dan keterampilan tenaga kesehatan, serta pelibatan tokoh masyarakat dalam mengurangi stigma kusta.

Target eliminasi kusta di Indramayu

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indramayu Wawan Ridwan mengatakan bahwa Indramayu menjadi wilayah dengan kasus kusta tertinggi se-Jawa Barat. Zintan Prihatini/KOMPAS.com Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indramayu Wawan Ridwan mengatakan bahwa Indramayu menjadi wilayah dengan kasus kusta tertinggi se-Jawa Barat.

Wawan menyebut, Indramayu ditargetkan dapat mengeliminasi kusta pada tahun 2024 mendatang.

Tujuannya tak lain ialah meningkatkan deteksi dini supaya menemukan lebih banyak kasus baru, mengurangi tingkat cacat baru akibat kusta, serta mengurangi insiden kasus baru.

Oleh sebab itu, pihaknya telah menyusun sejumlah langkah untuk menjadikan Indramayu bebas kusta, di antaranya:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com