Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tipe-Tipe Flu Burung dan Tipe yang Paling Berbahaya

Kompas.com - 21/06/2022, 17:31 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

virus flu burung banyak sekali tipenya, tetapa yang paling berbahaya adalah tipe -

KOMPAS.com - Virus flu burung banyak sekali tipenya, tetapi yang paling berbahaya adalah tipe H5N1 karena bisa menyerang manusia. Apa saja perbedaan tipe-tipe flu burung?

Tipe flu burung

Dilansir dari United States Geological Survey (USGS), tipe flu burung terbagi menjadi tiga berdasarkan protein pada pemukaan virusnya. Berikut pembagiannya:

  • Hemagglutinin (HA): memiliki 16 subtipe (H1 sampai H16)
  • Neuraminidase (NA): memiliki 9 subtipe (N1 sampai N9)
  • Kombinasi HA dan NA: contohnya H5N1, H5N2, H7N2

Selain pembagian tersebut, virus ini juga dibagi berdasarkan tingkat virulensinya pada unggas, sebagai berikut:

  • Highly pathogenic avian influenza (HPAI) atau flu burung yang sangat patogen: menyebabkan tingkat kematian yang tinggi pada beberapa jenis burung liar.
  • Low pathogenic avian influenza (LPAI) atau flu burung dengan patogen rendah: menyebabkan kematian rendah pada unggas dan hampir tidak ada kasus pada burung liar.

Tipe flu burung paling berbahaya

Sebenarnya virus flu burung jarang sekali menginfeksi manusia. Hanya beberapa tipe flu burung yang bisa menyerang manusia. Flu burung yang paling berbahaya adalah tipe H5N1 dan H7N9 karena bisa menyerang manusia. Kedua tipe ini yang mendominasi kasus flu burung pada manusia.

Sejarah penularan H5N1 secara besar-besaran terjadi pada tahun 2003. Tidak hanya menyebabkan kematian secara masif pada unggas, kasus infeksi pada manusia dilaporkan di 19 negara. Semua kasus melaporkan gejala pneumonia berat dengan tingkat kematian hingga 50 persen dari jumlah kasus.

Baca juga: 2 Kematian Flu Burung H5N6 Dilaporkan China, 3 Pasien Dirawat Intensif

Infeksi flu burung lainnya pada manusia

Tipe lainnya juga bisa menyerang manusia dalam jumlah kasus yang lebih sedikit. Subtipe flu burung yang tercatat bisa menyerang manusia antara lain H5, H6, H7, H9, dan H10.
Pada tahun 2014, infeksi flu burung tipe H5N6 juga menyebar dan menyebabkan kematian hingga 40 persen kasus pada dua negara. Tipe lainnya, yaitu H6N8, juga dilaporkan menyerang satu negara pada tahun 2021.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com