Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Cuti Melahirkan Terlama di Dunia | Masyarakat Asia Pasifik Khawatir Perubahan Iklim | Vaksin Moderna dan Pfizer untuk Anak

Kompas.com - 21/06/2022, 07:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - DPR usulkan cuti melahirkan ibu pekerja di Indonesia menjadi 6 bulan. Cuti hamil terlama di dunia menjadi berita populer Sains sepanjang Senin (20/6/2022). 

Saat ini, DPR sedang menggodok dan menyelesaikan penyusunan Rancangan Undang-Undang Kesejahteraan Ibu dan Anak (RUU KIA), yang salah satu pasalnya memuat hak cuti melahirkan 6 bulan.

Selain informasi tersebut, perubahan iklim telah memberikan kekhawatiran mayarakat di seluruh penjuru dunia. 

Menurut survei persepsi sains global State of Science Index 2022, menunjukkan 84 persen atau mayoritas masyarakat di Asia Pasifik khawatir mengenai adanya perubahan iklim.

Masih tentang cuti melahirkan di Indonesia yang diusulkan diperpanjang menjadi enam bulan, setelah sebelumnya hanya diberikan selama tiga bulan. 

Berita populer Sains ini menjelaskan berbagai dampak baik cuti melahirkan 6 bulan atau lebih lama baik bagi ibu maupun bayinya. 

Akhirnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) telah mengizinkan penggunaan darurat vaksin Covid-19 Moderna dan Pfizer-BioNTech untuk anak-anak berusia 6 bulan.

Berikut beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Senin (20/6/2022) hingga Selasa (21/6/2022). 

Cuti melahirkan terlama di dunia

Penetapan masa cuti melahirkan sebelumnya diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Tenaga Kerja, dengan diberikan tiga bulan cuti melahirkan.

Selain itu, di dalam RUU KIA juga mengatur bahwa ibu yang cuti melahirkan akan tetap mendapatkan gaji penuh untuk tiga bulan pertama dan gaji sebesar 75 persen untuk tiga bulan berikutnya.

Jika cuti melahirkan 6 bulan di Indonesia tengah dirancang dalam RUU KIA, di beberapa negara lain ternyata telah memberikan cuti bagi para ibu pekerja yang akan melahirkan.

Lamanya cuti bervariasi, dan sejumlah negara dengan cuti hamil berbayar penuh.

Dikutip dari laman World Population Review, ada beberapa negara dengan cuti hamil terlama di dunia. 

Negara-negara tersebut antara lain Bulgaria, Yunani, Inggris Raya, Slovakia, Kroasia, Chili, Republik Ceko, Irlandia, Hongaria, dan Selandia Baru

Selengkapnya berita populer Sains tentang cuti melahirkan terlama di dunia, dapat disimak di sini. 

Baca juga: Cuti Melahirkan 6 Bulan, Ini 10 Negara dengan Cuti Hamil Terlama di Dunia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com