Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli Temukan Dinosaurus Berwajah Bulldog di Gurun Sahara

Kompas.com - 16/06/2022, 10:03 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Baru-baru ini, tim ahli paleontologi Mesir dan Amerika menemukan fosil tulang belakang milik spesies dinosaurus abelisaurid pemakan daging yang baru dideskripsikan, dan disebut berwajah bulldog. 

Dari penemuan fosil dinosaurus di Gurun Sahara ini, menunjukkan bahwa dinosaurus berbahaya baru saja ditambahkan dalam daftar kelompok predator besar lain. 

Fosil tulang yang ditemukan di Formasi Bahariya, sebuah situs fosil terkenal di Gurun Sahara Mesir itu merupakan dinosaurus kelompok bipedal (berjalan dengan dua kaki) dan merupakan karnivora yang hidup selama Zaman Kapur (periode 145 juta hingga 66 juta tahun yang lalu).

Dikutip dari Live Science, Rabu (15/6/2022) seperti abelisaurid lainnya, dinosaurus yang baru ditemukan ini memiliki moncong pendek seperti bulldog.

Namun terlepas dari penampilannya yang ganas, karnivora ini ternyata bukanlah bos terbesar dan paling jahat di tempat tinggalnya.

Baca juga: Dinosaurus Pemakan Daging Terbesar di Eropa Ditemukan di Inggris

"Kami 99 persen yakin bahwa, tak seperti beberapa kerabatnya, abelisaurid ini tak berada di puncak rantai makanannya," kata Mattew Lamanna, paleontolog di Carnegie Museum of Natural History di Pittsburgh dan salah satu peneliti yang menemukan dinosaurus berwajah bulldog di Gurun Sahara ini. 

Lebih lanjut, meski ia bersama timnya hanya menemukan satu tulang, mereka dapat segera mengidentifikasi fosil tersebut sebegai vertebrata abelisaurid berdasarkan struktur khas yang disebut epipophyses.

"Itu adalah multisuku kata yang pada dasarnya berarti 'bagian yang lengket di kiri atas dan kanan atas tulang belakang," kata Lamanna.

Abelisaurid ini adalah dinosaurus pertama dari jenisnya yang ditemukan di situs Formasi Bahariya.

Setelah menjalankan analisis morfologi tulang berbasis komputer tim menyimpulkan bahwa itu miliki spesies yang sebelumnya tak diketahui.

Peneliti pun belum memberi nama ilmiah pada dinosaurus berwajah bulldog di Gurun Sahara temuan mereka.

Baca juga: Apakah Dinosaurus Punya Pusar? Ini Jawabannya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com