Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imunisasi Wajib Baru untuk Anak, Ini Jadwal, Syarat, dan Wilayahnya

Kompas.com - 19/04/2022, 18:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Kementerian Kesehatan (kemenkes) akan melakukan introduksi atau perluasan pemberian imunisasi wajib baru untuk anak-anak di Indonesia pada tahun 2022 ini.

Ada tiga jenis vaksin yang akan dimasukkan dalam daftar imunisasi wajib untuk anak yaitu vaksin PCV, HPV dan Rotavirus Vaccine.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Pengelolaan Imunisasi Kemenkes, dr Prima Yosephine mengatakan, dari banyak penyakit ada beberapa penyakit yang sudah secara pasti bisa kita cegah dengan imunisasi atau vaksinasi.

Imunisasi adalah suatu upaya untuk menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakti, sehingga saat terpajan dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan.

Untuk itu, kata Prima, dalam upaya melindungi anak-anak Indonesia dari Kejadian Luar Biasa (KLB) atau wabah penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I), pemerintah akan melakukan introduksi atau perluasan pemberian tiga jenis vaksin baru sebagai tambahan imunisasi wajib dasar ke depannya.

“Dan secara bertahap, guna mencegah PD3I (penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi) juga kami, pemerintah akan melakukan introduksi vaksin baru secara nasional,” kata Prima dalam Seminar Media Pekan Imunisasi Dunia 2022, Senin (18/4/2022).

Baca juga: Imunisasi Anak Wajib Selama Pandemi Covid-19, Berikut Protokolnya

Jika penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi ini meningkat jumlah kasusnya, maka dikhawatirkan akan terjadi bahaya Kejadian Luar Biasa (KLB) atau wabah penyakit tersebut.

Ia menambahkan, introduksi vaksin baru secara nasional yang dimaksudkan adalah vaksin PCV yang berguna untuk mencegah radang paru yang disebabkan oleh pneumococus.

Sedangkan imunisasi HPV yang berguna untuk mencegah kanker leher rahim atau kanker serviks, dan imunisasi rotavirus yang berguna untuk mencegah diare yang disebabkan oleh virus Rota.

Berikut jadwal dan daerah introduksi pemberian vaksin tambahan untuk anak di Indonesia tahun 2022:

1. Imunisasi wajib vaksin PCV

Vaksin PCV atau Pneumococcal Conjugate Vaccine adalah vaksin yang digunakan untuk mencegah penyakit pneumonia atau radang paru yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus pneumoniae dan Penumokokus.

Jenis vaksin PCV dinilai penting untuk diberikan pada anak. Vaksin ini masuk dalam imunisasi wajib baru untuk anak, untuk melindungi anak dari pneumonia.

Baca juga: Pandemi Corona Turunkan Imunisasi Anak Indonesia, Apa Bahayanya?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com