Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/04/2022, 04:01 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketika menjalankan ibadah puasa Ramadhan, sebagian besar orang cenderung mengonsumsi makanan berlebihan pada saat berbuka dan sahur.

Hal ini pada akhirnya berpotensi meningkatkan kadar kolesterol lantaran terlalu banyak konsumsi makanan seperti gorengan, daging berlemak, hinga makanan bersantan.

Sehingga, sangat penting untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh selama menjalankan puasa Ramadhan untuk mencegah berbagai penyakit.

"Dengan menjaga kadar kolesterol dalam tubuh akan menurunkan risiko terjadinya penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan stroke," ujar dokter spesialis penyakit dalam Primaya Hospital Bhakti Wara, dr Mauludi Rachmantya Tranggana, Sp.PD, kepada Kompas.com, Selasa (5/4/2022).

Baca juga: Adakah Jenis Minyak yang Aman untuk Kolesterol?

"Terutama pada populasi yang berisiko seperti orang lansia, orang dengan penyakit diabetes, dan orang dengan riwayat darah tinggi dan diabetes," lanjutnya.

Menurut dia, kolesterol naik dapat disebabkan asupan harian atau dari produksi organ hati.

Kadar kolesterol dalam tubuh naik, juga dikarenakan asupan makanan yang mengandung kadar lemak jenuh tinggi seperti produk susu, daging, cokelat, serta kue-kue manis.

"Selama puasa, sumber kolesterol tertinggi tersering adalah pada saat berbuka puasa yang berlebih, di mana makanan yang dikonsumsi selama berbuka melebihi kebutuhan tubuh, sehingga banyak makanan tersebut disimpan dalam sel lemak dan menjadi kolesterol dalam tubuh," ungkap Mauludi.

Cara menjaga kadar kolesterol selama puasa Ramadhan

Dihubungi secara terpisah, dokter spesialis penyakit dalam di Primaya Evasari Hospital dr Hendra Gunawan, Sp.PD, mengatakan cara menjaga kadar kolesterol ialah mengonsumsi makanan yang bergizi.

"Untuk menjaga kadar kolesterol saat puasa, yang direkomendasikan adalah tetap makan makanan yang bergizi dan seimbang, serta beraktivitas fisik," jelas Hendra, Senin (4/4/2022).

Senada dengannya, Mauludi menyampaikan bahwa cara menjaga kadar kolesterol selama puasa adalah konsumsi lebih banyak makanan berserat dan minum suplemen yang mengandung minyak ikan dengan omega-3, DHA serta EPA.

"Untuk kegiatan yang direkomendasikan adalah sesuai kemampuan tubuh, lebih diutamakan olahraga ringan di sore hari menjelang berbuka puasa, dikarenakan risiko dehidrasi akibat olahraga lebih rendah karena mendekati waktu berbuka puasa," terang Mauludi.

Adapun makanan yang bisa dikonsumsi guna menjaga kadar kolesterol selama berpuasa adalah makanan dengan banyak serat seperti sayur dan buah, kacang-kacangan, maupun ikan. Selain itu, banyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi saat puasa.

Sementara, makanan yang sebaiknya dihindari saat berbuka adalah yang mengandung banyak gula murni tanpa serat, serta makanan yang tinggi lemak jenuh.

Hindari pula minuman manis seperti minuman berkarbonasi, dan berkafein misalnya kopi.

Baca juga: Cara Mencegah Asam Lambung Naik pada Penderita Mag Selama Puasa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com