Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lapisan Termosfer, Karakter dan Manfaatnya bagi Kehidupan Manusia

Kompas.com - 08/03/2022, 13:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comTermosfer merupakan lapisan atmosfer keempat dari Bumi. Lapisan termosfer sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia karena lapisan itu berfungsi sebagai tempat terjadinya dan bisa dimanfaatkan untuk memantulkan gelombang radio.

Lapisan termosfer

Lapisan termosfer dikenal juga dengan nama ionosfer. Termosfer terletak di ketinggian 500 sampai 1.000 kilometer di atas permukaan tanah.

Pernah mendengar fenomena aurora? Aurora adalah fenomena cahaya cantik di Kutub Utara dan Kutub Selatan dan terbentuk di lapisan termosfer.

Pada lapisan ini, energi dan radiasi ultraviolet diserap dan menyebabkan suhu pada lapisan termosfer hingga ratusan derajat Celsius. Suhu di lapisan termosfer bervariasi dari 500 sampai 2.000 derajat Celsius.

Lapisan ini memiliki udara yang sangat tipis. Gas yang bisa ditemukan di lapisan termosfer adalah atom oksigen (O), atom nitrogen (N), dan helium (He).

Bahkan, sebagian ahli mendefinisikan lapisan ini sudah termasuk luar angkasa karena sudah di atas 100 kilometer dari permukaan Bumi dan tidak lagi memiliki udara yang cukup.

Baca juga: Ini Lapisan Atmosfer Tempat Terjadinya Fenomena Aurora

Manfaat lapisan termosfer bagi kehidupan manusia

Lapisan termosfer sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia karena lapisan itu berfungsi dalam dua hal.

Pertama, lapisan ini menjadi tempat mengorbitnya satelit buatan. Sama seperti lapisan atmosfer lainnya, di termosfer juga terdapat gelombang yang membantu energi terus bergerak, termasuk satelit. Para insinyur juga harus mempertimbangkan ketinggian satelit yang bervariasi agar satelit tetap bisa bergerak dengan stabil.

Kedua, menyerap sebagian besar panas dari Matahari agar suhu di permukaan Bumi tidak terlalu panas. Walaupun kepadatan gas di lapisan ini sangat rendah, tapi aktivitas molekul di lapisan ini sangat aktif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com