Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Negara dengan Populasi Paling Sedikit di Dunia

Kompas.com - 14/11/2021, 09:31 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Mungkin kita melihat betapa padatnya populasi di negara kita. Pernahkah terbayang olehmu negara dengan populasi paling sedikit di dunia? Bagaimana mereka hidup hanya dengan sedikit orang di sekitar mereka?

Berikut adalah negara dengan populasi paling sedikit di dunia.

1. Vatikan: 825 orang

Negara dengan populasi paling sedikit adalah Vatikan. Tidak hanya memiliki populasi paling sedikit, Vatikan juga merupakan negara paling kecil di dunia. Vatikan hanya memiliki 825 orang penduduk dengan luas 0,44 kilometer persegi.

Vatikan merupakan pusat dari Gereja Katolik. Oleh karena itu, sebagian besar penduduk Vatikan adalah pastor dan biarawati.

2. Nauru: 10.824 orang

Nauru adalah sebuah pulau di Mikronesia di Samudera Pasifik. Nauru memiliki populasi sebanyak 10.824 orang dengan luas wilayah hanya 20 kilometer persegi. Hal ini menunjukkan bahwa penduduk di negara ini cukup padat.

Nauru adalah negara terkecil ketiga setelah Vatikan dan Monako. Kebanyakan penduduknya merupakan keturunan etnis Eropa dan China.

Baca juga: 10 Negara dengan Pulau Terbanyak di Dunia, Indonesia di Urutan Keenam

3. Tuvalu: 11.650 orang

Negara dengan populasi paling sedikit ketiga adalah Tuvalu. Tuvalu adalah negara yang terpencil di selatan Samudera Pasifik. Luas wilayahnya hanya 26 kilometer persegi dan terus berkurang akibat naiknya permukaan air laut.

4. Palau: 18.010 orang

Masih negara pulai di selatan Samudera Pasifik, Palau memiliki populasi sebanyak 18.010 orang. Angka ini terlihat tidak signifikan dibandingkan dengan populasi sebelumnya. Padahal, negara ini memiliki lahan yang jauh lebih luas, yaitu 395 kilometer persegi.

5. San Marino: 34.017

San Marino adalah negara yang terletak di Semenanjung Italia. Luas wilayah negara ini hanya 60 kilometer persegi. Ini menjadikan San Marino menjadi negara yang sangat padat penduduk.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com