Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tumbuhan Terkecil di Dunia, Lebih Kecil dari Sebutir Beras

Kompas.com - 10/11/2021, 19:40 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Tahukah kamu tumbuhan terkecil di dunia? Ternyata ukurannya lebih kecil dari sebutir beras.

Wolffia spp.

Tanaman terkecil di dunia adalah Wolffia spp. yang dikenal juga dengan watermeal atau duckweed. Semua tnaman yang berasa di dalam genus Wolffia adalah tumbuhan-tumbuhan yang memiliki ukuran sangat kecil.

Wolffia globosa, spesies yang paling kecil, memiliki ukuran hanya sekitar 2 milimeter saja, atau lebih kecil dari beras.

Wolffia termasuk tumbuhan akuatik dan biasa ditemukan mengambang di danau air tawar dan sungai. Tumbuhan ini mengambang karena tidak memiliki akar, berwarna hijau, dan jarang berbunga. Tapi, Wolffia ini bisa berbuah dan merupakan buah terkecil di dunia.

Wolffia berkembang biak dengan cara menumbuhkan segmen pada tubuhya, kemudian segmen tersebut memisahkan diri menjadi satu individu baru.

Baca juga: Hyperion, Pohon Tertinggi di Dunia yang Hampir Ditebang

Manfaat Wolffia

Walaupun ukurannya sangat kecil, ternyata Wolffia sangat bermanfaat bagi kehidupan di planet kita. Wolffia umumnya menjadi makanan bagi bebek, burung akuatik, dan beberapa jenis ikan. Selain itu, tumbuhan kecil ini juga sering digunakan sebagai campuran makanan ayam dan babi.

Wolffia menyerap berbagai molekul dari dalam air, seperti fosfat, nitrogen, dan nutrien lainnya. Oleh karena itu, Wolffia aman digunakan sebagai makanan hewan dan untuk menyuburkan tanaman.

Menurut International Lemna Association (ILA), Wolffia juga berpotensi untuk menjadi bahan bakar pengganti bahan bakar fossil dan untuk obat. Namun, penggunaannya masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com