Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susu Sapi Vs Susu Kambing, Mana yang Lebih Baik Dikonsumsi Anak?

Kompas.com - 10/10/2021, 20:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

Baru Jadi Ortu

Waswas soal tumbuh kembang si kecil?

Sigap konsultasi ke dokter anak via Kompas.com

KOMPAS.com - Susu, baik susu sapi maupun susu kambing, merupakan salah satu sumber protein dan kalsium yang penting dalam pola makan anak.

Meski demikian, menurut Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah dr. William Jayadi Iskandar Sp.A, pemberian susu pada anak usia di atas satu tahun bukan hal utama.

Pasalnya, pada usia tersebut seharusnya anak sudah mampu mengonsumsi makanan yang sama dengan menu keluarga dengan proporsi 70 persen makanan padat dan 30 persen susu dari total kebutuhan kalori harian.

Baca juga: Semua Menyehatkan, Ini Kandungan ASI, Susu Sapi, hingga Susu Kambing

“Jika anak memiliki kebutuhan kalori sebesar 1000 kkal/hari, maka susu dapat diberikan dengan jumlah 30 persen (300 kkal), atau umumnya setara dengan 300 mililiter/hari (jika kandungan kalori susu 1 kalori/mililiter),” jelas dr. William kepada Kompas.com.

Menurut nutritiondata.self.com, komposisi karbohidrat, protein, dan lemak per 244 gram dalam susu sapi adalah 12,8 gram; 7,9 gram; dan 7,9 gram; serta masing-masing 10,9 gram; 8,7 gram; dan 10,1 gram dalam susu kambing.

ilustrasi susu segar yang ditambah banyak air, contoh jenis pemalsuan produk dilution. SHUTTERSTOCK/Chatham172 ilustrasi susu segar yang ditambah banyak air, contoh jenis pemalsuan produk dilution.

Dengan kata lain, susu sapi memiliki kandungan karbohidrat yang lebih tinggi, sedangkan susu kambing memiliki kandungan protein dan lemak yang lebih tinggi.

Selain itu, susu kambing memiliki laktosa yang lebih sedikit dibandingkan susu sapi.

Satu cangkir susu kambing memiliki laktosa 12 persen lebih sedikit dari susu sapi dalam takaran yang sama. Yang mana ini membuatnya lebih mudah dicerna untuk orang dengan intoleransi laktosa.

“Keduanya sama-sama baik, asalkan dikonsumsi dengan tepat dan aman oleh anak,” pungkas dr. William.

Baca juga: Susu Steril, Pasteurisasi, dan UHT, Apa Bedanya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com