Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Ivermectin yang Disebut Obat Ajaib dari Tanah Jepang

Kompas.com - 07/07/2021, 18:07 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Di balik polemik ivermectin sebagai obat Covid-19, ternyata obat antiparasit ini memiliki sejarah yang panjang hingga dijuluki sebagai obat ajaib dari Jepang yang telah berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan miliaran orang di dunia.

Pro dan kontra penggunaan ivermectin sebagai obat Covid-19 yang diyakini dapat menurunkan keparahan dan potensi kematian akibat Covid-19, ivermectin menjadi salah satu penemuan hebat di abad 20.

Seperti dikutip dari jurnal Pubmed, Rabu (7/7/2021), sejarah ivermectin ditemukan pertama kali pada akhir tahun 1970-an.

Obat ini merupakan turunan dari dihidro dari avermectin, yang berasal dari mikroorganisme tunggal yang diisolasi di Institut Kitasato, Tokyo, Jepang.

Awalnya, obat ivermectin diperkenalkan sebagai obat hewan. Obat cacing tersebut dapat membunuh berbagai parasit internal dan eksternal pada ternak komersial, serta hewan pendamping.

Baca juga: Obat Ivermectin, Hanya Disarankan WHO untuk Terapi Covid-19 Dalam Uji Klinis

 

Sejarah ditemukannya obat ivermectin yang berasal dari isolasi bakteri tanah dari Jepang ini menjadi senjata ideal dan dianggap sebagai "obat ajaib" yang berperan penting dalam memerangi dua penyakit paling merusak di dunia.

Bahkan, penyakit-penyakit ini telah menjangkiti orang miskin di dunia, terutama di seluruh daerah tropis, selama berabad-abad.

Ivermectin adalah penemuan yang mengubah dunia yang ditemukan oleh Satoshi Omura, seorang ahli mikrobiologi Jepang.

Seperti dilansir dari Britannica, Omura dikenal sebagai penemu produk alami dari bakteri tanah dan penemuannya yang paling penting adalah bakteri Streptomyces avermitilis, dari senyawa anthelmintik avermectin yang diisolasi.

Senyawa turunan dari avermectin, kemudian dikenal sebagai ivermectin menjadi obat cacing utama yang digunakan dalam pengendalian penyakit parasit tertentu pada manusia dan hewan.

Sejarah penemuan ivermectin ini pertama kali berawal pada pertengahan tahun 1960-an. Obat ajaib tersebut berasal dari studi Omura terhadap bakteri tanah yang ada di Jepang.

Baca juga: Ramai Ivermectin untuk Covid-19, Ahli UGM Ingatkan Jangan Asal Konsumsi Obat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com