Peneliti Temukan Jenis Burung Berrypecker Baru dari Papua Barat

Kompas.com - 20/06/2021, 12:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com- Pada Juni 2021, para peneliti melaporkan penemuan jenis baru Berrypecker, Burung Buah (Melanochrais) di Pegunungan Kumawa, Papua Barat.

Burung jenis baru berrypecker tersebut diberi nama Melanocharis citreola, sp. nov. Milá, Ashari & Thébaud.

Nama Inggris burung tersebut adalah Satin Berrypecker dan nama Indonesia dari spesies baru ini adalah Burung Buah Satin

Hasil penelitian ini telah dipublikasikan di jurnal ilmiah IBIS, pada 11 Juni 2021.

Secara administrasi wilayah Lengguru masuk dalam Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat

Lengguru terletak pada daerah leher gunung dari Papua dan memiliki lanskap unik pegunungan kapur (karst) yang terjal dan terisolasi.

Peneliti Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Hidayat Azhari mengatakan, melalui sudut pandang Biologi, wilayah ini sangat kurang dipelajari dikarenakan medannya yang berbahaya, lereng curam, dan kurangnya pasokan air di atas pegunungan.